Sukses

7 Tips Belanja di Pasar Tradisional

Berikut tips agar berbelanja di pasar tradisional dapat menjadi pilihan yang menyenangkan dan membawa banyak keuntungan.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan makin berkembangnya zaman, timbul berbagai pasar modern di samping pasar tradisional yang sebelumnya sudah ada untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Pasar modern banyak menjadi pilihan masyarakat perkotaan karena dianggap lebih bersih, rapi, dan teratur.

Tentu Anda juga mempunyai pilihan masing-masing apakah lebih menyukai berbelanja di pasar modern atau tradisional. Namun faktanya, pasar tradisional tetap mempunyai segmen pasarnya sendiri, sehingga tak heran bila pasar tradisional tetap ramai dikunjungi oleh pembeli.

Masih banyak konsumen setia yang rajin mengunjungi pasar tradisional ini tentu karena ada berbagai kelebihan yang ditawarkan. Berikut tips agar berbelanja di pasar tradisional dapat menjadi pilihan yang menyenangkan dan membawa banyak keuntungan seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Rajin menawar

Tawar-menawar seperti merupakan seni dan keasikan tersendiri yang tak dapat dijumpai di pasar modern. Dengan menawar maka Anda bisa mendapat harga yang lebih murah lagi. Tentu saja Anda juga harus wajar dalam menawar agar tidak membuat penjual kesal.

Dengan menawar secara wajar, maka Anda bisa mendapat harga yang lebih murah dan juga menjalin keakraban dengan penjual tersebut. Anda dapat membandingkan dengan penjual lain untuk dapat menentukan harga yang tepat saat menawar

2. Bertukar informasi dengan penjual

Hal ini juga menjadi kelebihan yang jarang dijumpai di pasar modern. Dengan membangun komunikasi pada penjual, maka kegiatan belanja tidak hanya sekadar belanja, tapi juga dapat memperoleh informasi.

Apalagi bila penjual yang Anda temui termasuk sabar dan suka berbagi cerita. Anda dapat memulai dengan obrolan ringan seperti resep dan tips memasak, dan pembicaraan tersebut dapat melebar ke berbagai hal dan Anda bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru yang mungkin bermanfaat

3. Berpakaian santai ketika berbelanja

Untuk dapat berbelanja dengan nyaman, Anda dapat mengenakan pakaian yang santai ketika berbelanja di pasar tradisional. Bahkan mengenakan baju rumah atau baju tidur pun terkadang tidak menjadi masalah dan tidak ada orang yang akan mencela.

Hal ini tentu menjadi kelebihan yang menyenangkan karena Anda tidak harus repot-repot berdandan rapi untuk sekadar berbelanja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak pilihan

4.  Mempunyai banyak pilihan

Anda dapat memanfaatkan berbelanja di pasar tradisional dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot ke beberapa tempat untuk membeli seluruh keperluan karena di pasar tradisional banyak tersedia berbagai produk, mulai dari ikan segar dengan berbagai ukuran, bumbu dapur, hingga peralatan masak dan rumah tangga lainnya.

5. Jam buka yang lebih pagi

Anda yang berencana untuk berbelanja di pasar tradisional dapat memilih jam yang lebih fleksibel karena umumnya pasar tradisional buka sejak pagi atau subuh bahkan sebelum Anda bangun. Dengan demikian, Anda tidak perlu harus menunggu agak siang untuk bisa berbelanja.

Bahkan berbelanja di pagi hari juga memberikan keuntungan karena sayur dan ikan yang dijual lebih segar sehingga Anda bisa mendapatkan produk yang lebih baik

6. Memilih pasar tradisional yang rapi dan bersih

Meskipun kesan kumuh pada pasar tradisional memang masih ada, namun saat ini sudah banyak pasar tradisional yang dikelola dengan baik, sehingga menjadi bersih dan rapi.

Anda dapat memilih pasar tradisional seperti ini sehingga tetap nyaman dalam berbelanja seperti layaknya pasar modern dan dapat merasakan suasana khas pasar tradisional.

3 dari 3 halaman

Dukung usaha kecil

7. Mendukung usaha kecil

Hal ini akan membuat Anda semakin bersemangat untuk berbelanja di pasar tradisional karena kegiatan ekonomi di pasar tradisional akan berdampak langsung pada usaha kecil.

Dengan berbelanja di pasar tradisional, maka secara tidak langsung Anda juga mendukung ekonomi dari petani dan juga nelayan lokal.

Belanja di Pasar Menyenangkan

Ternyata berbelanja di pasar tradisional juga menyenangkan, dan bila Anda mengetahui tips dan caranya maka Anda dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari berbelanja di pasar tradisional.

Bukan hanya Anda yang mendapat manfaatnya, tapi juga bagi pedagang kecil dan juga petani lokal sehingga secara tidak langsung akan menggerakan ekonomi lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini