Sukses

6 Cara Cerdas Berhemat Saat Sedang Berlibur

Walau identik dengan menghabiskan uang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa berhemat dan menabung selama berlibur.

Liputan6.com, Jakarta Demi bisa menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat saat bekerja, banyak orang yang memilih untuk menggunakan sebagian waktunya untuk berlibur.

Dimanapun destinasi wisata yang dituju, Anda harus siap untuk menyiapkan anggaran tertentu agar kebutuhan selama liburan bisa terpenuhi.

Walau identik dengan menghabiskan uang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa menabung selama berlibur dengan cara berhemat.

Berikut enam cara cerdasnya melansir cheatsheet.com, Minggu (5/2/2017)

1. Tahu cara pembayaran selama bepergian

Sebelum berangkat liburan, pastikan Anda mengetahui cara pembayaran apabila nanti sudah sampai di tempat tujuan. Beberapa bank sering meminta biaya tambahan apabila Anda menggunakan kartu debet dan kartu kredit di luar negeri. Tahu dengan benar berapa biaya yang akan dikeluarkan dapat membantu Anda untuk lebih mudah menghemat.

2. Bawa obat-obatan yang Anda pikir tidak perlu

Anda juga bisa membawa beberapa obat-obatan yang dipikir tidak diperlukan. Apabila kondisi tidak terduga terjadi, seringkali obat-obatan ini memiliki biaya lebih mahal di tempat wisata.

3. Bawa uang tunai

Cara lain yang bisa membuat Anda lebih hemat ketika berlibur adalah dengan membawa uang tunai. Anda juga bisa membiasakan diri untuk membeli sesuatu dengan uang tunai dibanding harus menggunakan kartu kredit dan kartu debet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selalu bawa botol air kosong dan beberapa makanan ringan

4. Selalu bawa botol air kosong dan beberapa makanan ringan

Keperluan yang seringkali menyedot dana paling besar adalah makanan. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membawa botol air kosong dan beberapa makanan ringan. Hal ini dapat membantu Anda untuk tidak menghabiskan uang membeli makanan di sepanjang jalan.

5. Manfaakan Wifi sebaik mungkin

Coba manfaatkan wifi untuk melakukan panggilan telepon dan berkirim pesan. Dibanding mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli kartu telepon lain, lebih baik Anda menggunakan jaringan gratis yang tersedia.

6. Pakai pakaian berlapis

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan memakai pakaian yang berlapis. Sebelum memakai baju, coba pakai pakaian dalaman, sehingga baju yang Anda gunakan tidak terlalu kotor. Ini juga cara yang tepat bagi Anda untuk menghemat biaya laundry. (Vna/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini