Sukses

Intip 4 Kunci Sukses Bisnis dari Bos Grup Triputra

Menjalankan sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Hal itu pula yang dirasakan oleh CEO dari Triputra Group, Arif Rachmat

Liputan6.com, Yogyakarta - Nama Arif Permadi Rachmat mungkin belum banyak diketahui oleh orang banyak. Namun pria satu ini merupakan CEO dari PT Triputra Agro Persada, perusahaan yang memiliki badan usaha di berbagai bidang antara lain perkebunan, pertanian hingga manufaktur.

Menjalankan sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Hal itu pula yang dirasakan oleh Arif. Walau begitu, ia mengaku memiliki beberapa jurus sukses berbisnis hingga bisa membawa perusahaannya seperti sekarang ini.

Berikut empat kunci sukses bisnis Bos Triputra seperti dituturkannya saat menjadi pembicara di acara Kelas Inspirasi di SMAN 1 Yogyakarta, Sabtu (4/2/2017).

1. Temukan apa yang Anda suka

Arif menjelaskan, hidup bermakna bisa didapat apabila seseorang dapat menemukan apa yang ia sukai. Maka dalam membangun sebuah bisnis, hal ini juga harus diterapkan.

"Kalau mau buat hidup kita bermakna kita harus terobsesi. Poin pertama yang harus kalian lakukan adalah temukanlah apa yang kalian sukai," ungkap Arif.

2. Banyak membaca

Selain harus bekerja keras, Arif juga mengungkapkan kunci kesuksesan seorang pebisnis terletak dari sifat mereka yang ingin selalu belajar. Ilmu tersebut bisa di dapat di berbagai tempat termasuk dari buku bacaan.

"Ayah itu sering kasih saya buku, buku untuk memperbaiki diri. setiap saya punya kekurangan, saya selalu di kasih buku. Begitu banyak buku yang saya baca. Tapi dengan itulah saya bisa memperbaiki diri," jelas Arif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun kultur perusahaan

3. Bangun kultur perusahaan

Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah dengan membangun kultur perusahaan. Arif menuturkan bahwa perusahaannya memiliki budaya perusahaan yang mengutamakan etos kerja, keterampilan serta empati terhadap sesama.

Ia menuturkan, fondasi bisnis yang bagus dan berkelanjutan juga mesti membangun budaya kuat. Lalu bagaimana membangun budaya kuat? Dimulai dari diri sendiri.

"Kadang orang lupa memulai diri sendiri. Kadang bilang kita harus bangun team work tapi suka cekcok," kata dia.

4. Punya ciri khas

Agar bisa bertahan lama, sebuah bisnis harus memiliki ciri khas yang membedakannya dengan pesaingnya yang lain. Ciri khas ini bisa didapat dengan memanfaatkan kelebihan yang dimiliki.

Sebagai perusahaan yang relatif masih muda, perusahaan di bawah pimpinan Arif telah mampu mengembangkan usahanya di beberapa wilayah provinsi di Indonesia. Hal ini dilakukan karena bisa mempertahankan ciri khas yang dimiliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.