Sukses

Begini Tahap Merdeka Secara Keuangan

Bebas secara keuangan dapat berarti kita bisa mencukupi kebutuhan yang diperlukan sehingga hidup secara berkecukupan.

Liputan6.com, Jakarta Merdeka secara keuangan bisa jadi merupakan impian setiap orang. Bebas secara keuangan berarti kita bisa mencukupi kebutuhan yang diperlukan sehingga dapat hidup secara berkecukupan.

Pada tahap ini, Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan dari penghasilan yang didapat secara pasif. Artinya, Anda tidak perlu harus turun bekerja secara langsung untuk mendapatkan penghasilan.

Waktu dan tenaga pun dapat dicurahkan untuk melakukan hal lain yaitu hobi atau kegiatan sosial. Terdengar sangat menarik bukan? Mungkin ada juga di antara kita yang beranggapan hal ini terkesan mustahil.

Namun demikian, ada orang yang telah mencapai fase ini dan membuktikan tahapan tersebut cukup realistis dan dapat tercapai. Bagi Anda yang ingin mencapai tahap tersebut, berikut beberapa fase yang harus dilewati seperti dikutip dari www.cermati.com, Minggu (5/2/2017):

1. Fase pemenuhan kebutuhan

Pada fase ini, Anda terlebih dulu memfokuskan diri untuk pemenuhan kebutuhan jangka pendek, yaitu pengeluaran rutin dan juga membayar utang konsumtif. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai cara, seperti misalnya bekerja di perusahaan atau memulai menjadi pengusaha.

2. Fase stabilitas

Pada fase ini, Anda sudah dapat membayar utang konsumtif dan juga masih memiliki sisa dana yang ditabung dan dapat digunakan untuk keperluan lain seperti dana darurat ataupun investasi. Fase keuangan ini ditunjukan dengan kondisi aliran kas yang sudah membaik, sehingga mempunyai kelebihan dana yang dapat disisihkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fase Agensi

3. Fase agensi

Pada fase ini, Anda sudah benar-benar terbebas dari kewajiban dan utang baik yang bersifat konsumtif maupun produktif. Utang konsumtif adalah utang yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari seperti misalnya utang kartu kredit atau kredit mobil.

Sementara utang produktif adalah utang yang digunakan untuk memajukan aset atau keuangan, seperti misalnya kredit modal kerja. Pada fase ini, Anda sudah dapat mulai menyusun rencana untuk menjadi individu yang merdeka secara finansial.

Anda memang harus mempunyai rencana yang matang sehingga dapat lebih mudah dalam mencapai tujuan tersebut. Rencana tersebut meliputi alokasi dana yang akan ditempatkan, produk investasi apa yang dipilih, dan berapa target waktu yang ditentukan dalam berinvestasi.

4. Fase aman

Pada fase keempat atau fase aman ini, investasi sudah dapat memenuhi kebutuhan Anda. Dengan demikian, maka Anda sudah tidak perlu bekerja lagi karena kebutuhan dasar Anda sudah terpenuhi.

3 dari 3 halaman

Fase Kemerdekaan

5. Fase kemerdekaan

Fase ini merupakan fase yang diinginkan hampir semua orang, karena pada fase ini investasi Anda sudah berkembang dan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar saja, tapi juga mampu memenuhi kebutuhan jangka panjang sekalipun.

Anda dapat bebas menjadi diri sendiri dan bebas dalam melakukan berbagai hal karena tidak terbebani oleh masalah keuangan.

6. Fase berlimpah

Sesuai dengan namanya, pada fase ini investasi Anda sudah berkembang pesat dan Anda hidup dengan cukup berkelimpahan. Anda pun dapat fokus beramal atau melakukan kegiatan lain yang membuat hidup lebih berwarna dan bermanfaat bagi orang lain. Jadi dengan dana yang berlimpah tersebut, manfaat yang dirasakan tidak hanya dirasakan oleh Anda, tetapi juga oleh orang lain.  Anda pun tidak hanya mendapat kepuasan materi semata tetapi juga kepuasan batin dan spiritual.

Lakukan Evaluasi dari Sekarang

Setelah mengetahui tahapan fase tersebut, evaluasi dan tentukan sudah di fase manakah kondisi Anda saat ini. Dengan mengetahui fase-fase tersebut, maka Anda dapat menentukan target untuk menuju ke fase berikutnya dan menentukan rencana yang diambil untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Misalnya saja, Anda dapat memfokuskan untuk melunasi utang jangka pendek terlebih dahulu.

Selanjutnya tentukan rencana investasi dengan tepat dan matang. Jangan lupa untuk rutin melakukan evaluasi pada kinerja investasi Anda sehingga dapat menilai produk investasi tersebut dan menentukan apakah cara yang dilakukan sudah tepat atau belum.

Untuk mencapai kemerdekaan keuangan memang tidak instan dan membutuhkan proses serta waktu. Namun jangan khawatir karena hal tersebut wajar dan kesabaran serta ketekunan akan membuahkan hasil yang positif dalam jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.