Sukses

Harga Cabai Rawit Merah Setara Daging, Mendag Salahkan Cuaca

Mendag Enggartiasto Lukita mengklaim harga cabai, selain rawit merah menunjukkan penurunan.

Liputan6.com, Jakarta Harga cabai rawit merah di pasar tradisional masih betah bertengger di atas Rp 100 ribu per Kilogram (kg). Dari data informasi pangan DKI Jakarta, cabai rawit merah dijual seharga Rp 116 ribu per kilogram (kg) atau setara dengan harga daging sapi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita usai membuka acara Jalan Sehat dan Pameran 100% Produk Indonesia di Parkir Timur Senayan, menanggapi persoalan harga cabai yang tak kunjung turun tersebut.

"Siapa bilang (harga cabai naik). Tidak, itu salah. Tidak tinggi, harganya sudah turun. Coba cek cabai rawit hijau, keriting merah, cabai merah besar," kata dia di Jakarta, Minggu (5/2/2017).

Dia mengklaim harga cabai, selain rawit merah menunjukkan penurunan. "Kenapa hanya itu (cabai rawit merah) yang ditanyakan. Itu satu komponen dari 4 jenis cabai. Cabai rawit hijau turun, cabai keriting merah turun, cabai merah besar turun harganya. Sudah itu," tegas dia.

Saat terus ditanya soal cabai rawit merah yang masih
mahal dan langkah pemerintah mengendalikan dampak inflasi dari gejolak
harga pangan, Enggar mengatakan hal itu terkait kondisi cuaca.

"Kontribusi inflasi (cabai rawit merah) kecil sekali, dua digit di bawah nol. Bagaimana sekarang iklim mau dilawan? Adabeberapa yang tidak bisa kita lawan kondisi alam. Itu karena hujan, iklim," jelas dia.(Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini