Sukses

Dua Menteri Ini Minta Masyarakat RI Cintai Produk Dalam Negeri

Pemerintah memastikan akan terus mendorong industri lokal menjadi penggerak ekonomi nasional.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah serbuan barang-barang impor seiring pelaksanaan era Masyarakat Ekonomi ASEAN, masyarakat Indonesia perlu menumbuhkan kecintaan terhadap produk-produk buatan dalam negeri.

Pemerintah memastikan akan terus mendorong industri lokal menjadi penggerak ekonomi nasional. Terutama dari hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM). 

Salah satu upayanya, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian, bekerja sama dengan Sanken, produsen elektronik lokal menggelar kegiatan Jalan Sehat dengan tema "100% Cinta Produk Indonesia" di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (5/2/2017).

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta. Dihadiri Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dan Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto.

Mendag Enggar usai mengunjungi booth-booth IKM binaan Kemendag mengungkapkan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memperkenalkan produk-produk dalam negeri kepada masyarakat. Dengan begitu, diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap produk asli made in ndonesia.

"Bapak Menperin tidak hanya membina industri besar saja, tapi diperhatikan juga IKM. Tugas kami bagaimana membantu pemasaran, mendorong IKM ini mudah memperoleh akses pasar. Lewat kegiatan kerja sama dengan Sanken ini, selain jalan sehat, masyarakat juga bisa melihat produk dalam negeri," terang Mendag.

Dalam kesempatan yang sama, Menperin Airlangga menambahkan, pemerintah akan terus mendorong IKM meningkatkan kapasitas, akses pasar, akses mereka terhadap keuangan, dan lainnya.

"Melalui langkah tersebut, diharapkan jumlah wirausaha di Indonesia terus bertambah setiap tahun," paparnya.

Sebagai informasi, kegiatan jalan sehat yang dimulai pukul 06.00 WIB ini juga dimeriahkan dengan aktivitas lainnya, seperti Lomba Masak, Cek Kesehatan Gratis, Arena Media Anak, Pameran Sale Sanken, Pameran Produk-produk asli Indonesia, Booth Kuliner, Sosial Media Aktivasi dan hiburan dari artis ibu kota. Acara Puncak akan dimeriahkan oleh Band ternama Nidji. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini