Sukses

Pemerintah Genjot Konsumsi Gas di Kalimantan Timur

Pemerintah ingin menggenjot penyerapan gas bumi di Kalimantan Timur dengan membangunan jaringan pipa terintegrasi.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah ingin menggenjot penyerapan gas bumi di Kalimantan Timur dengan membangunan jaringan pipa terintegrasi. Alasannya, karena wilayah tersebut memiliki banyak sumber gas.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, wiayah Kalimantan Timur memiliki banyak sumber gas, karena di sana terdapat sumur-sumur gas dengan produksi besar.

‎"Sumber gasnya paling banyak di Kalimantan Timur," kata Wirat, di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Menurut Wirat, pemerintah ingin‎ menggenjot penggunaan gas bumi di Kalimantan Timur atas besarnya produksi gas yang dihasilkan. Selain itu, penggunaan gas bumi juga memiliki banyak manfaat seperti lebih murah dan ramah lingkungan.

"Karena disini kaya akan gas maka gas harus banyak digunakan karena bersih dan lebih murah dari BBM," ungkap Wirat.

Wirat melanjutkan, untuk menggenjot penyerapan gas, pemerintah akan membangun infrastruktur gas berupa jaringan pipa yang menghubungkan sejumlah wilayah Kalimantan Timur. Dengan begitu, gas bumi bisa diserap konsumen dari berbagai lapisan yaitu industri, pembangkit listrik, rumah tangga dan ‎transportasi.

‎"Sudah ada tol road (pipa gas), ke  selatan harus kita bangun sehingga industri akan tumbuh, juga transportasi," tutup Wirat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • Jaringan Gas

Video Terkini