Sukses

Mentan Resmikan Pengiriman Perdana Pangan ke 22 Toko Tani Jakarta

Keberadaan TTI sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memotong rantai pasok komoditas pangan dari tingkat petani ke konsumen.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian Amran Sulaiman meresmikan pengiriman perdana komoditas pangan strategis ke 22 Toko Tani Indonesia (TTI) yang tersebar di beberapa wilayah di Jakarta. Acara tersebut berlangsung di TTI Center, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dia mengatakan, keberadaan TTI merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memotong rantai pasok komoditas pangan dari tingkat petani ke konsumen.

"Yang penting kita potong rantai pasok. Kita potong dari sebelumnya delapan titik menjadi tiga titik," ujar dia di TTI Center, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2017).

Total komoditas pangan pokok dan strategis yang dipasok di 22 TTI ini terdiri dari beras 7 ton, gula pasir 3 ton, bawang merah 650 kg, cabai merah 600 kg, dan daging sapi 500 kg.

Untuk harga, komoditas beras dipatok Rp 8.000 per kg, daging sapi Rp 80 ribu per kg, daging kerbau Rp 65 ribu kg, bawang merah Rp 14.500 per 0,5 kg, cabai merah keriting Rp 10 ribu per 0,25 kg, gula pasir Rp 12.500 per kg, minyak goreng Rp 12 ribu per liter dan bawang putih Rp 8.500 per 0,25 Kg. Selain itu, juga ada 20 TTI DKI Jakarta yang selama ini menyediakan beras dan gula pasir.

Bagi masyarakat Jakarta yang ingin mendapatkan pangan murah berkualitas, selain bisa datang langsung ke TTI Center, juga bisa berkunjung ke 22 TTI di DKI Jakarta antara lain:

1. Jakarta Selatan sebanyak 11 TTI yaitu TTI Ani, TTI Muara Beras, TTI ASMI, TTI Alan, TTI Surya, TTI Partini, TTI Ahya, TTI MamanNur, TTI Sirsak, TTI Yati, TTI Three Boys, dan TTI Ruwi.

2. Jakarta Timur sebanyak 6 TTI yaitu TTI Sinar Family, TTI Arfah, TTI Sudiyo, TTI Suratman, dan TTI Siregar, TTI Meat Shop.

3. Jakarta Barat sebanyak 5 TTI : TTI KWT Flamboyan, TTI HJ. Munawaroh, TTI KWT Pesakih Mandiri Jaya, TTI Abdan Rusun Perumnas dan TTI Barokah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.