Sukses

Mentan Bakal Bangun 1.000 Toko Tani di Jabodetabek

Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan 1.000 Toko Tani Indonesia (TTI) terbangun di 2017.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan 1.000 Toko Tani Indonesia (TTI) terbangun di 2017. TTI tersebut khususnya tersebar di wilayah Jabodetabek.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, TTI ini akan menjual berbagai bahan kebutuhan pangan bagi masyarakat seperti ‎beras, bawang merah, cabai, daging sapi dan lain-lain.

‎"Kita siapkan TTI untuk 2017 sudah siap 1.000 toko TTI di Jabodetabek yang siap menjual murah," ujar dia di TTI Center, Jakarta, Senin (6/2/2017).

Amran mengungkapkan, untuk tahun ini pembangunan TTI difokuskan di wilayah Jabodetabek. Hal ini karena Jakarta dan sekitarnya menjadi barometer harga pangan bagi wilayah lain.

"Kita mulai fokus Jakarta. Tahun lalu ada Jakarta, Surabaya, Jawa Tengah. Tapi tahun ini fokus 1.000 Toko Tani karena Jakarta merupakan barometer di Indonesia," kata dia.

Amran yakin, jika seluruh TTI sudah beroperasi seluruhnya, maka akan diserbu masyarakat setiap hari. Hal ini karena harganya yang lebih murah dibandingkan yang dijual di pasaran.

‎"Ini baru satu titik ni. Kalau seribu pengunjung, yang bergerak seperti ini (TTI) bisa satu juta yang dilayani. (Pasokan) cukup, hanya saja kita memotong rantai pasok, dari 8 titik jadi 3 titik," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini