Sukses

Mitra Pinastika Jual Sebagian Sahamnya di Bisnis Pembiayaan

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), perseroan yang bergerak di bidang penyedia produk dan layanan otomotif akan menjual sebagian sahamnya di PT Mitra Pinasthika Mustika Finance kepada mitra strategisnya JACCS Co Ltd, perusahaan pembiayaan asal Jepang.

Rencana penjualan saham ini akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian definitif, termasuk memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari seluruh pemangku kepentingan Perseroan antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kreditor MPM Finance, dan pemenuhan terhadap peraturan hukum yang berlaku.

MPM Finance, anak usaha Perseroan yang bergerak di bidang pembiayaan yang menawarkan jasa pembiayaan konsumen dan komersial baik untuk individu maupun korporasi melalui 100 kantor cabang dan outlet di seluruh Indonesia. Demikian mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Senin (6/2/2017).

Melalui rencana ini, perseroan akan menjual kurang lebih sebanyak 20 persen sahamnya kepada JACCS sehingga akan mengurangi porsi kepemilikannya dari 60 persen menjadi 40 persen. JACCS akan tambah porsi sahamnya di MPM Finance dari 40 persen menjadi 60 persen.

Rencana penjualan sebagian saham ini adalah inisiatif MPMX untuk fokus serta meningkatkan pertumbuhan bisnis utamanya di bidang consumer automotive yang mana JACCS sebagai mitra strategis jangka panjang Perseroan di jasa keuangan dan pembiayaan. Ini diyakini akan mampu optimalkan pertumbuhan bisnis MPM Finance ke tingkat selanjutnya.

Setelah transaksi ini selesai dilaksanakan, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk akan terus memberikan dukungannya pada MPMFinance dengan sediakan akses ke seluruh jaringan perseroan.

Berdasarkan data RTI, saham PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk naik 2,96 persen menjadi Rp 870 per saham.

Artikel Selanjutnya
Pembangunan Jalan Tol Pacu Penjualan Properti Residensial
Artikel Selanjutnya
Top 3: Rumah Cicilan Rp 750 Ribu per Bulan di Pekanbaru