Sukses

8 Tips Mudah Menabung Saat Gajian

Mengatur gaji bulanan merupakan hal yang sederhana namun sulit dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan menganggap bahwa gaji tidak pernah berlebih jadi sulit untuk ditabung. Padahal sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kita selalu diingatkan dengan pepatah “hemat pangkal kaya”.

Namun  tak dapat dipungkiri, saat sudah memiliki uang hasil kerja keras sendiri rasanya ingin menikmati dengan membeli apa yang ingin dibeli, hal itu sah saja dilakukan asal mengetahui batasannya.

Saat ingin menabung, sebaiknya kita memiliki tujuan yang jelas, agar dapat mengendalikan sifat ingin menghambur-hamburkan uang.

Nah, gimana sih cara menabung yang mudah? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Karir.com:

1. Buat pos pemasukan dan pengeluaran

Mungkin Anda bisa memanfaatkan aplikasi notes di handphone Anda, karena handphone selalu dibawa kemana pun Anda pergi, catatan di handphone ampuh jadi alarm harian Anda untuk gak boros lho.

2. Prioritaskan kebutuhan bukan keinginan

Saat berpergian ke pusat perbelanjaan bersama teman kadang secara tidak sadar kita membeli apa yang kita lihat di depan mata hanya karena suka, bukan butuh.

Sesekali membeli apa yang kita inginkan tidak ada salahnya, tapi sebaiknya tidak terlalu sering. Karena hanya akan menimbulkan perasaan senang sesaat.

3. Beramal

Setiap agama menganjurkan kita untuk berbagi, bukan hanya bermanfaat bagi orang yang menerimanya tetapi juga bagi yang memberinya. Jadikan amal sebagai ladang tabunganmu di akhirat ya.

4. Simpan uang receh di celengan

Kata siapa uang 500 rupiah sudah gak laku? Uang 500 rupiah memang tidak bisa membeli apa yang kita mau, tapi jika kita mengumpulkannya secara konsisten, uang 500 rupiah bisa menjadi berkali lipat jumlahnya dan kita bisa membeli apa yang kita mau/butuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 rekening tabungan


5. Miliki 2 rekening tabungan atau lebih

Ketika sudah komitmen untuk menabung, usahakan untuk memiliki dua rekening tabungan. Satu rekening untuk pengeluaran/jajan. Dan satu rekening lainnya, khusus untuk tabungan. Pilihlah rekening khusus tabungan tanpa atm dan potongan biaya admin.

6. Tetapkan target bulanan

Tetapkan target, pastikan pengeluaran bulanan tidak lebih dari 30-50 persen.  Menetapkan target menabung bertujuan agar mempermudah dalam mengatur pengeluaran, berapa yang harus Anda tabung dan Anda anggarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

7. Lebih bijak dalam menggunakan Credit Card

Kartu Kredit dapat memudahkan anda jika ingin membeli suatu barang dengan harga mahal. Banyak Kartu Kredit yang menawarkan program cicilan 0 persen di beberapa pembelanjaan. Tapi jangan mudah tergiur dengan cicilan 0% tersebut, Anda harus tetap bijak menggunakannya agar tidak ada kesulitan di kemudian hari.

8. Menabung saat gajian, bukan sisa gajian

Mayoritas, karyawan yang sudah menerima gaji akan menggunakan gajinya untuk membeli keperluan sehari-hari atau untuk membayar tagihan, dan akan menabung jika ada sisanya. Untuk menekan pengeluaran yang direncanakan, ada baiknya Anda menabung saat awal menerima gaji, dan sisanya digunakan untuk keperluan lainnya.

Jadi, menabung tidak sulit bukan? Yuk coba dan rasakan manfaatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.