Sukses

5 Langkah Atur Uang yang Wajib Dilakukan Karyawan

Ada beberapa hal wajib yang tetap harus dilakukan dalam hal mengatur keuangan walaupun sudah mendapat pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada yang lebih menggembirakan bagi seorang pencari kerja dibanding saat ia dikabarkan diterima dalam pekerjaan dan mendapat gaji pertamanya. Rasanya, gaji pertama tersebut bisa dihabiskan untuk membeli berbagai hal yang diinginkan.

Meski begitu, ada beberapa hal wajib yang tetap harus dilakukan dalam hal mengatur keuangan. Jika tidak melakukan hal ini, uang gaji yang baru Anda dapatkan pun bisa habis tanpa jejak.

Berikut lima langkah yang harus dilakukan seperti dilansir dari CNBC.com, Kamis (9/2/2017)

1. Monitor dan catat pengeluaran

Mencatat keuangan dengan baik dan detil akan membuat Anda dengan mudah tahu kondisi keuangan yang dimiliki. Hal ini akhirnya mempengaruhi berbagai keputusan keuangan yang akan diambil di masa yang akan datang baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Lunasi utang

Gunakan juga uang gaji pertama Anda untuk melunasi utang yang Anda miliki. Hutang hanya akan memperparah kondisi finansial Anda. Akan lebih baik apabila hal ini cepat dilunasi.

3. Buat tujuan menabung yang realistis

Bukan hanya menabung, Anda pun harus membuat tujuan yang realistis. Berapa jumlah uang yang ingin Anda kumpulkan dari tabungan tersebut. Ini akan membuat Anda lebih mengerti berapa uang yang harus disisihkan tiap bulannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buat tujuan menabung yang realistis

 

4. Buat asuransi

Dana asuransi berfungsi sebagai dana bantuan apabila Anda dihadapkan pada situasi mendadak seperti sakit yang tiba-tiba menyerang. Asuransi juga bisa menanggung biaya pengobatan lain yang Anda butuhkan.

5. Buat dana darurat

Seperti namanya, tentu saja dana ini untuk digunakan jika ada keperluan darurat. Misalnya untuk membiayai keluarga (saat kita tidak punya penghasilan), untuk membiayai biaya berobat kalau tidak ada asuransi.

Berapa besarnya dana darurat ini? Diasarankan sebesar 3-4 kali pengeluaran bulanan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini