Sukses

Pelindo IV Gandeng Perusahaan Belgia Kembangkan Pelabuhan

Kerja sama Pelindo IV dengan perusahaan Belgia untuk mengembangkan pelabuhan dan sumber daya manusia (SDM).

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelindo IV menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Belgia, yakni Ghent Port Company. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh kedua belah pihak.

Dalam nota kesepahaman ini, kedua pihak sepakat untuk mengembangkan pelabuhan yang dikelola Pelindo IV dan pengembangan sumber daya manusia. Kemudian, kemungkinan kerja sama di bidang perdagangan terutama hasil pertanian seperti minyak kelapa dan kayu antara di Indonesia Timur dan Pelabuhan Ghent.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung mengatakan, nota kesepahaman ini berlaku setahun. Kedua pihak akan menyusun rencana kerja sama untuk menciptakan sinergi bisnis.

"Kami akan saling bertukar perkembangan dan peluang bisnis ekonomis dan strategis yang relevan bagi kedua perusahaan," kata dia, di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Tak hanya itu, Pelindo IV juga menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Maluku. Dalam nota kesepahaman itu, kedua pihak sepakat untuk mendukung kelancaran logistik melalui optimalisasi aset.

"Khususnya untuk mendukung kelancaran distribusi logistik atau barang kebutuhan masyarakat. Serta optimalisasi pemanfaatan aset yang dimiliki Pelindo IV dan Pemprov Maluku," ujar dia.

Dia juga mengatakan, dalam kerja sama tersebut kedua belah pihak mengupayakan adanya ekspor langsung. "Kita tengah melakukan inventarisasi terkait potensi kargo yang dapat dikonsolidasikan untuk angkutan langsung dari Pelabuhan Ambon ke luar negeri atau direct export," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini