Sukses

PLN Tambah Pasokan Listrik ke Kalimantan

PLTMG Bangkanai 155 MW ini merupakan pembangkit peaker pertama di Kalimantan yang menggunakan Compressed Natural Gas (CNG).

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menambah pasokan listrik untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) serta sebagian dari wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

Direktur Bisnis Regional PLN Kalimantan Djoko Raharjo Abumanan mengatakan,‎ pasokan tambahan tersebut berasal dari tersambungnya jaringan transmisi 150 kilo Volt (kV) dari Gardu induk (GI) Bangkanai ke GI Muara Teweh yang berada di Kabupaten Barito Utara lanjut menuju GI Buntok yang berada di Kabupaten Barito Selatan ke GI Tanjung yang berlokasi di Kabupaten Tabalong.

Tambahan ini berasal dari PLTMG Bangkanai 155 Megawatt (MW), dimana untuk tahap awal, listrik yang berhasil masuk sistem sebesar 25 MW.

"Pasokan listrik dari PLTMG Bangkanai sangat penting untuk memenuhi kebutuhan akan listrik di Kalselteng yang terus mengalami pertumbuhan," kata Djoko, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Pada Oktober 2016 sebenarnya pasokan listrik dari PLTMG Bangkanai sudah dapat menjangkau Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara dan Buntok, Kabupaten Barito Selatan karena jaringan transmisi 150 kV dari PLTMG Bangkanai sudah selesai menjangkau dua wilayah tersebut.

Namun, jaringan transmisi 150 kV dari Buntok menuju Tanjung sepanjang 84 kilo meter sirkuit (kms) masih terkendala permasalahan pembebasan lahan.

Dengan beroperasinya jaringan transmisi 150 kV dari GI Buntok ke GI Tanjung, maka aliran listrik yang dihasilkan PLTMG Bangkanai tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Barito Utara dan Barito Selatan, namun juga bisa dinikmati oleh masyarakat Kalimantan Selatan , Kalimantan Tengah maupun sebagian Kalimantan Timur yang masuk di dalam sistem Interkoneksi Kalselteng.

“Adanya sistem kelistrikan yang masuk ke Bangkanai membuat daerah yang sebelumnya hutan ini mulai dimanfaatkan masyarakat untuk membangun pemukiman di wilayah sekitar," ungkapnya.

Untuk tahap pertama, saat ini daya listrik yang disuplai masih sebesar 25 MW dikarenakan pada fase awal masih diperlukan pengujian stabilitas dan keamanan sumur gas yang menyuplai PLTMG Bangkanai.

Selain itu, pada tahap awal ini juga akan dilakukan pengecekan stabilitas proteksi jaringan transmisi. Harapannya dalam satu atau dua minggu kedepan PLTMG Bangkanai dapat menyuplai secara maksimal atau sebesar 155 MW.

PLTMG Bangkanai 155 MW ini merupakan pembangkit peaker pertama di Kalimantan yang menggunakan Compressed Natural Gas (CNG). Dan saat ini juga tengah berlangsung tahap pembangunan PLTMG Bangkanai 155 MW unit 2 yang ditargetkan dapat beroperasi secara komersial pada Maret 2018. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini