Sukses

Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bikin Mereka Semakin Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan adalah apa yang membentuk jadi diri kita saat ini. Para pengusaha atau entrepreneur sukses memiliki kebiasaan baik untuk meraih kesuksesan.  

Bagi mereka, memiliki kebiasaan baik berarti membuat mereka lebih mudah mengatur uang dan uang bisa datang dengan sendirinya.

Artikel ini membagikan kebiasaan para entrepreneur sukses yang membuat mereka semakin kaya, seperti dikutip dari CekAja.com, Minggu (12/2/2017):

Kebiasaan membaca

Membaca merupakan kebiasaan paling fundamental yang dimiliki entrepreneur. Bagi yang penasaran apa hubungannya membaca dengan menjadi kaya, banyak entrepreneur sukses yang mendapatkan inspirasi dan rahasia menjadi kaya lewat buku-buku.

Warren Buffet, orang terkaya ketiga di dunia mengatakan bahwa dia membaca minimal 600 halaman setiap hari. Dengan memperkaya diri lewat mencari sebanyak banyaknya ilmu lewat buku, tak heran kalau ia semakin paham cara-cara untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Biasakan membaca satu buku sehari. Selain Warren Buffet, Elon Musk, Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan Mark Cuban juga gemar membaca. Mark bahkan beberapa kali mengulas buku yang dia baca di akun Facebook miliknya.

(Baca juga: Menilik Bisnis Raksasa Milik Donald Trump di Indonesia)

Tak malu buat dapat harga terbaik

Ketika kebanyakan orang malas menawar atau mencari-cari harga terbaik, entrepreneur sukses justru berpikir sebaliknya.

Kebiasaan menawar ada di dalam darah mereka. Tentu ini ada hubungannya dengan bisnis. Pebisnis berupaya mencari harga terbaik untuk menekan biaya produksi.

1 dari 2 halaman

Hemat

Menggunakan setiap kesempatan

Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang kaya yang punya berbagai sumber penghasilan. Diversifikasi penghasilan merupakan rahasia entrepreneur sukses tetap kaya ketika salah satu usaha mereka gagal.

Mereka paham kalau satu bisnis saja tidak cukup. Facebook, Apple, Samsung dan banyak perusahaan besar lainnya di dunia punya banyak cabang bisnis. Donald Trump, presiden baru Amerika dengan kebijakan kontroversial ini memiliki 500 bisnis di seluruh dunia.

Berinvestasi

Saat menerima uang, apa yang akan Anda lakukan? Menghabiskannya dulu baru menabung lalu sisanya untuk investasi, atau investasi dulu baru dihabiskan?

Entrepreneur sukses punya rumusnya, yakni investasi, ditabung, baru dipakai untuk konsumsi.

Awalnya mungkin akan terasa berat. Tapi disiplin akan menjadikannya kebiasaan. Dengan memiliki kebiasaan investasi dulu baru belanja, siapa saja bisa membangun kekayaan dengan mudah. Tapi jangan lupa kalau memiliki tabungan dana darurat juga sama pentingnya.

Ketika investasi Anda sudah banyak, seperti misalnya punya properti, obligasi, dan saham di mana-mana, Anda tinggal memetik hasilnya. Investasi juga memungkinkan entrepreneur sukses memiliki penghasilan pasif.

(Baca juga: Kebiasaan Kamu Ternyata Mempengaruhi Kesuksesan di Masa Depan, Ini Buktinya!)

Hemat

Ya, meskipun sudah kaya raya, entrepreneur sukses tetap memelihara kebiasaan hemat. Bijak dalam mengelola uang dan punya prioritas pengeluaran merupakan kunci sukses mereka.

Penting untuk dicatat, mereka bukan tipe pembelanja impulsif atau senang membeli barang hanya untuk membuat orang lain terkesan. Mereka hidup di bawah kemampuan, meskipun kaya raya.

Kebiasaan ini membuat mereka bisa berinvestasi lebih banyak, sehingga kekayaan mereka makin berlipat-lipat.

Artikel Selanjutnya
3 Tips Saat Mulai Bangun Bisnis
Artikel Selanjutnya
Pikirkan 6 Hal Ini Sebelum Pilih Rekan Bisnis