Sukses

Inggris Beri Rp 166 Miliar untuk Bangun Teknologi di Luar Angkasa

Inggris memberikan bantuan investasi Rp 166 Miliar untuk membantu perusahaan mengembangkan teknologi luar angkasa

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Inggris berkeinginan untuk membangun infrastruktur di luar angkasa. Hal ini dilakukan dengan menggelontorkan investasi sebesar US$ 12,5 juta atau setara Rp 166 miliar untuk pembangunan pesawat ulang aling dan keperluan terkait luar angkasa lainnya.

Seperti dilaporkan CNBC, Minggu (12/2/2017), investasi dalam jumlah besar tersebut diberikan pada perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan luar angkasa seperti stasiun ulang akung dan teknologi pernerbangan. Teknologi ini rencananya akan digunakan Inggris pada tahun 2020.

Investasi diberikan sebagai bagian dari niatan pemerintah Inggris untuk mengontrol saham yang besar di bidang teknologi luar angkasa. Industri penerbangan luar angkasa diprediksi akan terus bertumbuh dan memiliki nilai US$ 31 miliar dalam 20 tahun ke depan.

Beberapa perusahaan diperkirakan akan ikut dalam lelang untuk memenangkan dana investasi tersebut. Pemerintah Inggris bersedia untuk membiayai berbagai pembangunan teknologi termasuk diantaranya pariwisata luar angkasa dan teknologi anti gravitasi.

"Tidak ada batasan biaya yang akan diberikan Pemerintah Inggris untuk membantu pembangunan proyek luar angkasa. Namun bagi proyek yang membutuhkan dana lebih dari 10 juta pound sterling akan diberlakukan syaray khusus," tutur perwakilan pemerintah Inggris dalam keterangan persnya.

Menteri Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Inggris Jo Johnson mengatakan bahwa fokus pemerintah pada teknologi luar angkasa merupakan salah satu pilar utama untuk menopang industri dan pembentukan tenaga kerja baru.

"Teknologi luar angkasa bisa memberikan Inggris kesempatan untuk membangun kekuatan di bidang riset, sains dan inovasi. Kami ingin melihat sektor ini berkembang dengan baik, oleh karena itulah kami memberi bantuan dalam hal investasi, " tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, pemerintah Inggris juga sedang menyiapkan regulasi baru dalam hal pengembangan teknologi luar angkasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini