Sukses

5 Cara Sederhana Buat Simpan Uang

Uang bisa menjadi masalah yang serius bagi seseorang jika tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Uang bukan segalanya. Namun tanpa uang Anda juga sulit untuk hidup. Uang bisa menjadi masalah yang serius bagi seseorang jika tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Banyak orang merasa bahwa setiap pendapatan yang diterima selalu habis sebelum gajian. Padahal sebenarnya mereka tak kekurangan tetapi hanya cara mengelolanya saja yang belum benar.

Banyak cerita orang mendapat lotere atau warisan tetapi karena tidak dikelola dengan baik maka uang yang diterima hilang tanpa wujud. artinya, pengelolaan keuangan sangat dibutuhkan.

Mengutip lifehack, Minggu (12/2/2017), berikut ini cara sederhana untuk menghemat atau menyimpan uang yang Anda dapat:

1. Membuat rencana yang realistis

Biasanya orang yang merasa selalu kekurangan adalah mereka yang tidak menyadari akan batas-batas pengeluaran sendiri. Oleh sebab itu mulailah hidup yang realistis.

Hitung dari awal bulan setiap kebutuhan Anda dan sesuaikan dengan pendapatan Anda. Mulailah membuat anggaran yang realistis dan bedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Jangan pernah membeli barang karena hanya mengikuti teman atau keluarga padahal sebenarnya Anda tak butuh barang tersebut. 

2. Cobalah untuk memasak

Makanan adalah sumber energi yang Anda butuhkan untuk berkegiatan sepanjang hari. Oleh sebab itu Anda harus mengatur konsumsi dengan menyantap makanan yang bergizi.

Membuat makanan sendiri yang bergizi adalah pilihan yang sangat realistis jika dibandingkan dengan membeli makanan di luar. Anda bisa memilih bahan-bahan sendiri yang Anda suka. 

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat makanan sendiri jika dibanding dengan membeli sangat jauh. Asal tahu saja, biasanya restoran mengambil keuntungan lebih dari 30 persen. Dari hitungan itu Anda bisa hitung sendiri penghematan yang bisa Anda ambil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

koleksi kupon

3. Matikan TV Berlangganan

Sebagian besar rumah tangga masih berlangganan TV tabel karena merupakan kebiasaan dari lama. Padahal sebenarnya kuantitas menonton TV seseorang tak panjang. Dalam sehari, seseorang hanya menonton TV tak lebih dari 4 jam.

Oleh sebab itu, Anda tak perlu berlangganan TV kabel karena saat ini Anda bisa menggunakan komputer pribadi atau telepon pintar untuk melihat apapun. Anda bisa terhibur dengan perangkat tersebut.

4. Mengkoleksi kupon

Jangan sepelekan kupon potongan harga. Anda dapat menghemat hingga ratusan ribu jika benar-benar menggunakan kupon belanja atau poin bonus.

Anda cukup memperhatikan dengan benar kupon belanja dan mendapatkan barang dengan murah dengan menukar kupon atau poin untuk belanja.

5. Menghemat listrik

Jika Anda punya rumah sendiri, bukan tidak mungkin pengeluaran untuk listrik Anda sampai ratusan ribu rupiah.

Mulailah berpikir untuk mencabut peralatan elektronik yang tidak sering Anda pakai. Jangan pernah menyambungkan listrik jika memang tidak sering menggunakannya. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini