Sukses

4 Tips Saat Mulai Berbisnis Properti

Bisnis properti merupakan salah satu jenis bisnis yang semakin berkembang di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis properti merupakan salah satu jenis bisnis yang semakin berkembang di Indonesia. Kebutuhan lahan tempat tinggal yang semakin meningkat membuat bisnis ini semakin menjamur.

Idealnya bisnis di bidang ini memang membutuhkan modal berupa uang. Setelah mempunyai uang,  modal selanjutnya adalah skill atau ketrampilan. Namun untuk menjalankan usaha ini bukan hanya soal uang yang bisa menjadikan seseorang sukses, melainkan kemauan untuk menjalankannya secara tekun dan teliti, karena ini adalah kunci utama untuk meraih sukses.

Jika semua bisa dijalankan dengan baik, maka peluang yang bisa didapatkan dengan melakukan bisnis properti ini pun akan sangat besar. Kalau Anda benar-benar ingin serius di bidang ini, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ketika terjun ke dunia bisnis properti seperti dilansir lamann smartpropertyinvestment:

 1. Perjelas tujuan Anda

Jika ingin menawarkan properti, sebaiknya perjelas tujuan Anda dari awal. Anda harus spesifik mengetahui seberapa nilai jualnya. Dan miliki target kira-kira berapa lama akan laku jika Anda yang kerjakan. Pikirkan dengan matang berapa keuntungan yang akan Anda dapat jika berhasil.

Meskipun Anda seorang pemain baru di bidang ini, tapi jika sejak mulai terjun Anda sudah punya perencanaan dan tujuan yang matang, maka Anda akan terkesan seperti orang yang sudah profesional.

Namun jika belum memiliki tujuan yang pasti kenapa Anda ingin berbisnis di bidang ini, sebaiknya cari tahu dan pelajari dulu lebih lanjut bagaimana seluk beluk bisnis ini.

2. Pelajari dan pahami tentang bisnis ini

Yang perlu Anda ketahui saat memutuskan menjalani bisnis ini adalah bahwa Anda akan bermain dengan uang dalam jumlah besar, apalagi jika sering membeli properti, maka Anda pun harus siap dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Terkadang Anda pun perlu mengorbankan hal yang Anda sukai dan tentu saja ini juga menyangkut uang, seperti lebih rela membeli properti daripada harus menghabiskan waktu untuk liburan setiap akhir pekan, karenanya pahami dan pelajari lebih dalam daripada Anda menyesal.

Jika Anda sudah berhasil di sini, bukan hanya di akhir pekan saja Anda bisa berlibur, melainkan setiap hari jika ingin liburan, bisa Anda lakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya strategi


3. Punya strategi

Setelah punya tujuan dan mempelajari lebih dalam tentang bisnis ini, hal lain yang perlu Anda miliki adalah strategi dalam berbisnis, apakah Anda hanya berhenti sampai di penyewaan atau penjualan saja.

Strategi lain yang bisa Anda kembangkan seperti menawarkan pemeliharaa atau renovasi properti, dan beberapa hal lainnya, sehingga Anda tidak dilupakan begitu saja dan diingat orang saat mereka ingin mencari properti lagi di masa mendatang.

4. Bangun tim impian

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan setelah Anda mulai dikenal dan dipertimbangkan sebagai agen properti adalah kembangkan bisnis Anda dengan membangun tim. Bertemu dan bicaralah dengan orang-orang yang sudah sukses di bidang ini sebelumnya, seperti beberapa agen properti profesional atau investor.

Jalankan strategi dengan mereka, biasanya akan banyak ide yang tercipta. Cara ini juga akan membantu Anda ketika ingin membangun tim properti impian Anda.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.