Sukses

Bensin Pertamina Masih Jadi Favorit di Timor Leste

Liputan6.com, Jakarta PT‎ Pertamina (persero) masih menguasai pasar Bahan Bakar Minyak (BBM) di Timor Leste. Hal ini terbukti BBM yang dijual Pertamina ‎masih menjadi favorit warga negara tersebut.

Direktur Pemasaran Pertamina M Iskandar mengatakan, penyaluran BBM di wilayah Timor Timur dilakukan anak usaha perseroan yakni, Pertamina International Timor SA. Melalui anak usahanya tersebut, Pertamina bisa menguasai pasar‎ BBM di Timor Leste.

"Timor Leste kami eksis di sana, menempati market share besar di sana, ‎" kata Iskandar, di Jakarta, Senin (13/2/2017).

Dia mengungkapkan, penjualan BBM jenis gasoline atau be‎nsin di Timor Leste pada 2016 mencapai 2.600 kiloliter (kl) per bulan. Sedangkan avtur 400 kl per bulan. Dari penjualan kedua BBM tersebut, keuntungan Pertamina mencapai US$ 9 juta.

Dia memperkirakan, penjualan BBM di Timor Leste pada tahun ini masih cemerlang seperti tahun lalu.

‎"Penjualannya 2.600 kl bensin per bulan, avtur 400 kl, itu prognosa akhir tahun ini 2016, kita masih profit US$ 9 juta. Jadi meningkat ditahun sebelumnya," teraang Iskandar.

Namun menurut dia, porsi Pertamina di anak usahanya tersebut, berkurang karena ada kebijakan pemerintah negara tersebut jika penanam modal asing harus memberikan porsi minimal 5 persen ke perusahaan lokal.

"Namun komposisinya berkurangan karena ada peraturan pemerintah. Pemerintah kalau mau di sana (bisnis) harus melibatkan badan usaha setempat, dengan menggandeng partner lokal minimal 5 persen," tutup Iskandar. (Pew/Nrm)