Sukses

Air Minum Termahal di Dunia, Harga Sebotolnya Capai Rp 1,3 Juta

Harga mahal ini disebabkan karena air minum tersebut didapatkan khusus dari pegunungan es Arktik di Kutub Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Air sudah menjadi kebutuhan dasar untuk mendukung metabolisme tubuh manusia. Namun apa jadinya, apabila air minum yang Anda konsumsi harus dibeli dengan harga yang fantastis.

Sebuah air minum kemasan bermerek Svalbardi dijual dengan harga sangat mahal. Seperti dilaporkan Dailymail.com, Senin (13/2/2017), sebotol air minum ini dijual dengan harga 80 pound sterling atau setara dengan Rp 1,3 juta.

Harga mahal ini disebabkan karena air minum tersebut sulit didapat. Disebut sebagai air mineral paling murni di dunia, Svalbardi disuling dari sumber air yang terletak di gunung es Arktik di Kutub Utara.

Nama Svalbardi diambil dari nama desa terpencil di pelosok Norwegia dekat Kutub Utara. Untuk mendapat sumber air tersebut, pihak perusahaan harus mengadakan ekspedisi ke sebuah kepulauan minim penghuni. Ekspedisi tersebut pun hanya dapat dilakukan dua kali dalam setahun demi bisa memproduksi 13 ribu botol kemasan.

Ide munculnya air minum kemasan Svalbardi pertama kali dicetuskan oleh pebisnis Wall Street keturunan Norwegia-Amerika, Jamal Qureshi. Pada 2013 lalu ia melakukan ekspedisi ke Kutub Utara dan mencoba air dari kepulauan terpencil tersebut. Hal inilah yang kemudian memberinya ide untuk membuat air minum merk Svalbardi.

Qureshi mengatakan, Svalbardi bersumber dari gunung es yang mencair yang salju pertamanya jatuh pada 4000 tahun lalu. Karena es memadat sebelum adanya polusi akibat era industri di dunia, polutan tidak mampu mengontaminasi sumber ini.

Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa air minum Svalbardi sangatlah bersih, tidak ditemukan jejak kontaminan apapun dari nitrat hingga arsenik.Terlebih lagi, air ini seluruhnya alami tanpa melalui filter yang dapat mengubah susunan kimia air.

"Saat pertama kali melihat hasil laboratorium, badan pemerintah Norwegia bidang makanan tercengang akan kualitas air Svalbardi dan langsung memberikan persetujuan," jelas Qureshi.

Department Store di London dikabarkan akan mulai menjual merek air minum eksklusif satu ini. Selain hanya mengincar konsumen yang datang dari kalangan atas, artis Hollywood Matt Damon merupakan salah satu penggemar produk ini. Produk ini akan dijual mulai bulan Maret mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini