Sukses

Telkom Didapuk Jadi Merek Paling Bernilai di Indonesia

Hal ini sesuai dengan hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan konsultan merek asal London, Brand Finance.

Liputan6.com, Jakarta - Telkom masuk sebagai merek paling bernilai di Indonesia. Hal ini sesuai dengan hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan konsultan merek asal London, Brand Finance. Telkom berada sebagai merek paling bernilai di Indonesia dengan valuasi mencapai US$ 4,3 miliar.

Namun, meski menjadi merek paling bernilai di Indonesia, Telkom dinilai memiliki kekuatan merek yang tergolong menengah. Dalam peta merek paling bernilai di tiap negara, Telkom Indonesia memiliki warna merah muda dengan nilai kekuatan merek 70-80.

Selain Telkom, Brand Finance juga menilai merek terkuat dari beberapa negara Asia Tenggara. Melansir Brandfinance.com, Selasa (14/2/2017), Petronas menjadi merek yang paling bernilai di Malaysia. Sementara DBS didapuk sebagai merek paling bernilai di Singapura dengan valuasi mencapai US$ 5,4 miliar.

Secara global, peringkat pertama merek paling bernilai didapat oleh Google. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini mampu menggeser posisi Apple yang tahun lalu berada di urutan pertama. Apple, Amazon.com, AT&T dan Microsoft secara berurutan menduduki peringkat lima besar.

Brand Finance mengukur nilai suatu merek dari valuasi brand yang dimilikinya. Dalam survei ini, nilai valuasi brand bisa didapatkan dengan mengalikan nilai loyalitas pelanggan, nilai kekuatan merek hingga keuntungan yang bisa didapat oleh merek tersebut.

Total, sebanyak 500 merek dianalisis dalam survei ini. Merek-merek yang dianalisis juga berasak dari 34 negara yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.