Sukses

Tips Belanja Online Aman Gunakan Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit merupakan alat transaksi yang praktis dan menguntungkan. Praktis karena Anda hanya perlu mengisi identitas kartu kredit dan tagihan bisa dibayar di bulan berikutnya. Menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan diskon atau cashback.

Tapi banyak juga yang takut menggunakan kartu kredit karena takut data pribadi dicuri. Supaya lebih aman dan tetap untung, ikuti tips berikut seperti dikutip dari CekAja.com:

Jangan simpan data kartu kredit

Setelah selesai bertransaksi online dengan kartu kredit, biasanya akan muncul dialog yang menawarkan untuk menyimpan data kartu kredit Anda. Tujuannya agar ketika Anda kembali belanja, Anda tidak perlu repot-repot mengisi data lagi.

Tapi jika Anda ingin data kartu kredit tetap aman, jangan lakukan ini. Pasalnya jika akun Anda dibajak orang, pelaku bisa bebas belanja karena data kartu kredit Anda sudah tersimpan di sana.

Bertransaksi di online shop yang tidak mengharuskan mengisi nomor VCC

Apa itu VCC? VCC adalah tiga digit angka yang terdapat di belakang kartu kredit. Fungsinya adalah untuk keamanan. Ketika Anda membayar menggunakan kartu kredit, Anda diharuskan untuk mengetik nomor kartu kredit di bagian depan, nama yang tertera di kartu kredit, bulan dan tahun berlaku, serta VCC.

Tapi ada juga online shop yang tidak mengharuskan pembeli mengisi VCC. Inilah yang patut diwaspadai. Karena bisa saja pelaku hapal dengan nomor kartu kredit Anda, dan meski tidak tahu nomor VCC, dia tetap bebas menggunakan kartu kredit Anda untuk keutungan pribadi.

Jangan informasikan nomor VCC ini pada orang lain, bahkan pada keluarga sekali pun. Belanjalah di e-commerce yang mengharusnya mengisi VCC, bahkan mengisi kode verifikasi yang dikirim ke ponsel.

1 dari 2 halaman

periksa saldo



Selalu periksa saldo kartu kredit

Selain mengaktifkan notifikasi, Anda juga harus rajin mengecek saldo kartu kredit. Hal ini untuk mencegah situasi di mana jumlah pembelanjaan tidak sama dengan jumlah yang terdebet. (Baca juga: Asyik Suku Bunga Kartu Kredit Turun! Ini Keuntungannya Buat Nasabah)

Aktifkan notifikasi

Aktifkan fitur notifikasi ke ponsel Anda. Jadi ketika kartu kredit digunakan untuk bertransaksi, Anda akan menerima pemberitahuan ke ponsel beserta jumlah pembelanjaan.

Fitur ini sangat berguna di saat ada yang mencuri data kartu kredit Anda dan menggunakannya untuk belanja, Anda akan segera tahu. Ketika sadar kartu kredit Anda telah digunakan orang lain, segera hubungi call center bank untuk melakukan pemblokiran.

Artikel Selanjutnya
Ini Situasi Saat Anda Butuh Kartu Kredit untuk Transaksi Belanja
Artikel Selanjutnya
6 Tips Keamanan yang Perlu Diperhatikan Pengguna Mobile Banking