Sukses

Bertemu dengan Puluhan Dubes Eropa, Menaker Bicarakan Hal Ini

Eropa merupakan negara yang kompeten dalam mendorong pendidikan vokasi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri bertemu dengan puluhan duta besar negara-negara Eropa di Kementerian Tenaga Kerja Jakarta, siang ini. Pertemuan guna membahas perkembangan ketenagakerjaan di masing-masing negara.

"Kita hanya menyampaikan concern mengenai ‎Indonesia dan teman-teman dubes dari seluruh negara Eropa ini juga menyampaikan concern mereka baik terkait hubungan TKA, maupun juga keinginan mereka untuk brinvestasi di Indonesia," kata Hanif di Kementerian Tenaga Kerja Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Namun, dia mengatakan, pertemuan ini hanya sebatas mendengar perkembangan isu ketenagakerjaan. Pertemuan dikatakan bukan sebagai perundingan atau negoisasi.

Hanif mengatakan jika perundingan hanya akan dilakukan dalam forum yang resmi.

"Teman-teman harus pahami pertemuan hari ini bukan perundingan atau negosiasi. Kita hanya kayak audiensi untuk sama-sama menyampaikan perkembangan. Perundingannya pasti akan melalui forum negosiasi resmi antara pemerintah Indonesia dan Eropa," ujar dia.

Di samping itu, Hanif mengatakan, pertemuan ini juga membahas mengenai pendidikan vokasi. Eropa merupakan negara yang kompeten dalam mendorong pendidikan vokasi.

"Kita semua tahu bahwa negara Eropa ini punya expertise bagus dalam penyelenggaraan vocational training, termasuk mendorong dunia usaha untuk bisa berpartisipasi dalam vocational training itu, mulai dari masalah pendanaan dan lain-lain," ujar dia.

Dia juga menyampaikan, para duta besar itu terbuka dalam kerjasama pendidikan vokasi.

"Mereka juga menyampaikan keterbukaannya untuk bekerja sama dengan mereka dalam vocational training. Dan tentu kita menyambut baik," tandas dia.(Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini