Sukses

5 Kebiasaan Orang-orang dengan Kondisi Finansial Sehat

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang dengan kondisi finansial yang sehat ibarat seorang pembelajar. Mereka mengevaluasi yang terjadi di masa lalu dan sudah punya antisipasi untuk menghadapi masa depan.

Mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan dan disiplin dalam mengontrol keinginan. Anda bisa mencontek kebiasaan-kebiasaan tersebut jika ingin seperti mereka seperti dikutip dari CekAja.com:

Membayar tagihan tepat waktu

Baik tagihan kartu kredit, cicilan KPR, maupun cicilan mobil, jangan sampai membayar tagihan setelah tanggal jatuh tempo. Keterlambatan membayat apalagi sampai menunggak beberapa bulan mempengaruhi elektabilitas Anda, bahkan bisa membuat Anda masuk ke dalam daftar BI Checking. Jika sudah seperti ini, sulit untuk mengajukan KPR atau kartu kredit baru.

Jumlah pinjaman dan utang tidak lebih dari 30 persen penghasilan

Misalnya penghasilan Anda per bulan adalah Rp 10 juta, maka jumlah utang tidak boleh lebih dari Rp 3,3 juta. Jika Anda punya tagihan kartu kredit, KPR, dan cicilan mobil dalam saat bersamaan, akumulasi ketiganya tetap tidak boleh lebih dari 30 persen penghasilan.

Ini karena selain untuk kebutuhan sehari-hari, Anda harus menyisihkan untuk dana darurat, investasi, dan tabungan. Ketika Anda ingin membuat utang baru, lunasi utang sebelumnya agar jumlah utang tidak melebihi rasio 30 persen.

Pilih bunga rendah

Baik itu KPR, kartu kredit, maupun kredit kendaraan, pilih yang menawarkan bunga rendah. Gunakan e-commerce finansial untuk membandingkan produk-produk perbankan terbaik.

Memilih produk perbankan terbaik dapat membuat Anda berhemat banyak. Apalagi cicilan rumah dan mobil bisa memakan waktu bertahun-tahun.

1 dari 2 halaman

Pilih kartu yang tepat



Pilih kartu kredit yang tepat

Selain memilih kartu kredit dengan bunga rendah, pilih kartu kredit yang menawarkan banyak keuntungan. Misalnya jika Anda sering bepergian ke luar negeri, pilih kartu kredit khusus traveler yang biasanya memberikan diskon pembelian tiket pesawat, airmiles, dan airport lounge.

Jika Anda ibu rumah tangga, pilih kartu kredit yang bekerja sama dengan supermarket, atau memberikan diskon maupun cashback setiap transaksi. Miliki kartu kredit sesuai dengan gaya hidup Anda. (Baca juga: Tiga Cara Mengubah Rasa Marah Menjadi Berkah Kekayaan)

Hidup sesuai kemampuan

Tidak perlu punya mobil, apalagi membeli dengan mencicil bertahun-tahun, kalau setiap hari Anda naik kereta ke kantor atau rumah Anda dekat dengan semua fasilitas umum. Tidak perlu makan di restoran mahal kalau ada banyak restoran yang sama enaknya dengan harga yang lebih rumah.

Artikel Selanjutnya
Ini 7 Ciri Mengejutkan Orang dengan IQ Tinggi, Anda Termasuk?
Artikel Selanjutnya
Nasib Terkini Balita Perokok 40 Batang/Hari Disorot Media Asing