Sukses

PLN Jamin Pasokan Listrik Aman saat Pilkada Serentak

PLN siagakan pasokan listrik di 101 daerah yang melaksanakan pilkada serentak

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) siagakan pasokan listrik di 101 daerah yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan serentak pada 15 Februari 2017.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat I Made Suprateka mengatakan, di Jakarta, PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menjaga kehandalan pasokan daya listrik di wilayah Jakarta secara optimal.

"Piket siaga dan penguatan khusus diberlakukan pada 15 Februari 2017," kata Made, di Jakarta, Kamis (15/2/2017).

Menurut Made, pada pelaksanaan Pilkada, PLN Disjaya tidak merencanakan pemadaman aliran listrik untuk kepentingan pembangunan jaringan, rehabilitasi dan atau pemeliharaan jaringan tenaga listrik.

"Pada Pilkada 2017 ini, PLN di seluruh unit, khususnya yang daerahnya melaksanakan Pilkada, melakukan peningkatan kesiapan instalasi dan kesiagaan operasi untuk meminimalisir kemungkinan gangguan listrik padam. Selain itu, piket siaga dan koordinasi dengan aparat keamanan dan stakeholders lainnya juga dilakukan oleh PLN untuk memastikan terjalinnya komunikasi selama periode siaga," ungkap Made.

Tempat-tempat yang menjadi pantauan khusus saat Pilkada Jakarta, yaitu Hotel Borobudur, KPU Pusat, KPU DKI Jakarta, KPUD se-Jakarta, posko pemenangan 3 pasangan calon, Kantor Kementerian Dalam Negeri, Balaikota DKI Jakarta, Kantor Walikota se-Jakarta, Kantor Kecamatan dan Kelurahan se-Jakarta, media elektronik, dan Kantor PLN.

"Hingga perhitungan suara selesai, PLN akan memberikan prioritas kelistrikan ke lokasi-lokasi tersebut," tutur Made.

Perkiraan beban puncak pada Pilkada DKI Jakarta tanggal 15 Februari 2017 saat siang yaitu 2.888 Mega Watt (MW) dan saat malam 3.129 MW. Perkiraan beban puncak baik siang maupun malam masih di bawah beban normal pada hari biasa, maka diharapkan pasokan daya ke wilayah DKI Jakarta Raya dan sistem Jawa Bali dalam kondisi aman.

Namun, menurut Made listrik padam bisa saja terjadi dalam keadaan yang tidak terencana seperti bila terjadi gangguan pada sistem jaringan tenaga listrik, kejadian yang tidak terprediksi sebelumnya atau bencana alam (force majeure).

Mengantisipasi percepatan pemulihan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan jaringan, PLN Disjaya melakukan siaga penuh pada setiap Posko Pelayanan Teknik pada 16 wilayah selama 24 jam sehari 7 hari seminggu.

"Posko-posko tersebut dapat dihubungi melalui Contact Center 123 dari telepon rumah maupun (021) 123 dari telepon seluler, Facebook PLN123 dan Twitter @pln_123," papar Made.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.