Sukses

5 Tips Jitu Taklukkan Wawancara Kerja via Telepon

Liputan6.com, Jakarta Proses wawancara kerja merupakan satu hal yang pasti ditempuh oleh semua orang yang sedang mencari kerja. Namun berbeda dengan wawancara kerja pada umumnya, ada berapa perusahaan yang kadang memilih untuk melangsungkan wawancara via telepon.

Jika hal ini terjadi, banyak kandidat yang justru tidak siap dengan apa yang dihadapinya. Pasalnya, menghadapi pewawancara langsung dengan hanya mendengar suara sangat berbeda.

Jangan khawatir. Agar Anda bisa memberikan jawaban terbaik saat ada panggilan wawancara kerja lewat telepon, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan seperti dikutip dari thebalance.com, Jumat (17/2/2017).

1. Tetap tenang dan cari tempat yang nyaman

Saat Anda mendapat wawancara kerja via telepon, pastikan diri Anda tetap tenang untuk menjawab panggilan telepon tersebut. Sebelum melanjutkan pembicaraan, Anda bisa mencari tempat yang tenang agar proses wawancara bisa berjalan lebih lancar.

2. Perhatikan gaya berbicara

Gaya bicara merupakan faktor berpengaruh untuk membangun hubungan dengan penelepon. Pihak human resources (HR) perusahaan biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan umum yang terdapat dalam CV Anda. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, jangan gugup. Tetaplah berkata jujur dan arahkan respons positif kepada penelepon.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Tetap siap dengan semua risiko

Terkadang penelepon akan menanyakan hal-hal yang kurang masuk akal. Anda harus siap dengan segala pertanyaan tersebut. Tetaplah tenang dan menjawab dengan logis. Jangan biarkan pertanyaan tersebut merusak kesempatan kamu dalam suatu pekerjaan.

4. Ajukan pertanyaan

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan saat proses wawancara berlangsung, jangan lupa ajukan hal tersebut via telepon. Ajukan pertanyaan dalam norma yang baik. Pihak pewawancara pun akan menjawab pertanyaan Anda dengan baik.

5. Ucapkan terima kasih

Untuk menunjukkan iktikad yang baik saat proses wawancara kerja berlangsung, jangan lupa untuk sampaikan ucapkan terima kasih. Anda juga bisa memberikan nomor dan email yang bisa dihubungi agar lebih mempermudah proses kontak nantinya. (Vna/Gdn)

Artikel Selanjutnya
Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan 90 Persen Pencari Kerja
Artikel Selanjutnya
5 Kalimat Ini Pantang Diucapkan Saat Wawancara Kerja