Sukses

Jokowi: Sumut Bisa Jadi Hub Perdagangan Internasional

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menjadikan provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi hub perdagangan Indonesia dengan negara Asia Tenggara lain, bahkan dengan dunia internasional.

Pasalnya, secara geografis Sumut memiliki posisi yang sangat strategis karena berada di jalur pelayaran internasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Dengan posisi strategis itu Sumut bisa dikembangkan menjadi hub internasional," tutur Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Jokowi mengatakan, dengan menjadi hub internasional. secara otomatis itu akan menggerakkan perekonomian di wilayah-wilayah lain di pulau Sumatera.

"Saya melihat kuncinya ada pada percepatan pembangunan infrastruktur baik infrastruktur pelabuhan bandara maupun jalan tol,"

Untuk merealisasikan hal tersebut, lanjut Jokowi, dirinya ini semua kementerian dan lembaga terkait untuk fokus untuk membahas penyelesaian berbagai hambatan yang terjadi pada proyek-proyek infrastruktur di Sumut.

"Saya yakin kesiapan infrastruktur akan berdampak pada kecepatan pengembangan kawasan ekonomi khusus di Sei Mangke maupun beberapa kawasan industri lainnya yang sedang kita siapkan sebagai mesin pertumbuhan ekonomi di Sumatera," tandas dia.