Sukses

Book Capella, Perpustakaan Termahal Khusus Orang Kaya

Liputan6.com, Jakarta Lantai berlapis karpet, kursi kayu, lampu gantung, hingga patung ukiran apik mengisi sudut ruangan dari perpustakaan bergaya kuno ini. Diberi nama Book Capella, perpustakaan yang terletak di tengah kota St Petersburg, Rusia, ini menawarkan pengalaman berbeda bagi para pencinta buku.

Dikutip dari Dailymail, Kamis (16/2/2017), tiap ruangan didesain apik agar bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjungnya. Tak heran apabila untuk masuk perpustakaan ini, pengelola membanderol tiket dengan harga yang cukup mahal.

Untuk sesi membaca, pengunjung perpustakaan ini harus membayar 100 pound sterling atau setara Rp 1,6 juta per jam (estimasi kurs 16.666 per pound sterling).

Harga yang mahal tersebut tidaklah diberlakukan tanpa alasan. Buku-buku yang terdapat di perpustakaan ini merupakan buku cetakan khusus yang dipublikasikan oleh perusahaan percetakan Alfaret. Book Capella memiliki koleksi hingga 5.000 buah buku yang berbeda.

Karena merupakan buku cetakan terbatas, tidak semua orang juga akan tahu dengan buku yang disimpan di perpustakaan ini. Pihak perpustakaan mengatakan, beberapa buku di Book Capella bahkan ada yang dijual dengan harga 700 pound sterling atau setara dengan Rp 11,6 juta per buah.

Pihak perpustakaan menyebut bahwa semua buku yang dijadikan koleksi di tempat ini berasal dari abad ke 16 hingga 19. Buku-buku tersebut juga digolongkan menurut topiknya.

"Harga 100 pound sterling sekali berkunjung memang bukan harga yang murah. Namun ini justru lebih murah dibanding harga sekali menonton pertunjukan opera atau ballet," tutur Project Director Book Capella Irina Khotesova.

Ia menjelaskan, perpustakaan yang dibuka pada Desember ini sering dikunjungi oleh kolektor buku, ahli sejarah, hingga ilmuwan. Beberapa pebisnis juga sering memanfaatkan tempat ini untuk menggelar rapatnya.

Bagi mereka yang ingin menjadi anggota dari perpustakaan ini, Book Capella memberikan biaya 3.209 pound sterling atau Rp 53,5 juta untuk keanggotaan selama setahun penuh.

Untuk keanggotaan seumur hidup, Anda harus mengeluarkan biaya pendaftaran 69 ribu pound sterling atau setara dengan Rp 1,1 miliar. (Vna/Gdn)

Artikel Selanjutnya
4 Hal Ini Bikin Generasi Milenial Sulit Siapkan Dana Pensiun
Artikel Selanjutnya
Inggris Rogoh Rp 592 Miliar untuk Proyek Energi Bersih