Sukses

Harga Emas Naik Dipicu Pelemahan Dolar

Harga emas ditutup naik pada sesi perdagangan Kamis waktu Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas ditutup naik pada sesi perdagangan Kamis waktu Amerika Serikat. Hal ini dipicu pelemahan dolar dan saham AS pada hari yang sama.

Melansir Forbes, Jumat (17/2/2017), emas untuk pengiriman April naik US$ 8,5 per punce. Harga emas dibanderol US$ 1.241,5 per ounce. Sementara perak untuk pengiriman Maret naik US$ 0,122 ke level US$ 18,085 per ounce.

Pasar ekuitas global mayoritas turun pada perdagangan Kamis kemarin. Sementara pasar saham Amerika Serikat juga mengalami penurunan pada penutupan sore kemarin.

Sebuah fitur di marketplace di pekan ini telah meningkatkan imbal hasil obligasi pemerintah dunia, di tengah data ekonomi dari Amerika Serikat.

Selain itu, nada yang cenderung lebih hawkish datang dari Gubernur Bank Sentral Federal Reserve Janet Yellen pada kongres AS pekan ini.

Salah satu penyebab penurunan harga emas adalah dolar yang melemah. Pada penutupan perdagangan Kamis sore kemarin, indeks dolar melemah, mengakhiri kenaikan hari sebelumnya yang dipicu komentar Janet Yellen soal kenaikan suku bunga acuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.