Sukses

Harga Cabai Berangsur Turun, Bawang Naik

Liputan6.com, Jakarta Harga beberapa bahan pangan pada musim hujan di pertengahan Februari ini bervariasi. Harga beberapa jenis komoditas seperti cabai mulai turun namun ada beberapa jenis lainnya yang justru naik.

Dari pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan harga cabai rawit merah dibandrol seharga Rp 99 ribu per kilogram (kg).

"Alhamdulillah sudah mulai turun, minggu lalu itu harganya masih Rp 120 ribuan," kata salah satu penjual Hernawati (42), Jumat (17/2/2017).

Penurunan juga terjadi untuk jenis cabai rawit hijau. Cabai jenis ini, minggu lalu dijual dengan harga Rp 100 ribu per kg, namun kini harga cabai rawit hijau menjadi Rp 95 ribu per kg.

Sementara untuk cabai merah besar di pasar ini dijual dengan harga Rp 36 ribu per kg dan cabai merah keriting harganya Rp 40 ribu per kg. Kedua jenis cabai ini harganya tetap.

‎Sementara kenaikan justru terjadi untuk jenis bawang. Bawang merah mengalami kenaikan Rp 2.000 per kg dimana sekarang harga jualnya sebesar Rp 46 ribu per kg. Sama seperti bawang merah, bawang putih juga naik tipis Rp 1000 menjadi Rp 42 ribu per kg.

"Kalau melihat bulannya, seharusnya semua harga turun, atau paling tidak stabil lah, karena tidak ada perayaan kan. Cuma mungkin karena musimnya saja ini," ucap Rodiyah (48) yang juga sebagai penjual‎.

Untuk jenis bahan pangan lainnya, harga beras kualitas medium dijual seharga Rp 10 ribu per kg, beras kualitas premium Rp 12 ribu per kg, minyak goreng curah Rp 13 ribu per kg, gula pasir Rp 12 ribu per kg dan telur ayam Rp 20 ribu per kg. (Yas/nrm)

Artikel Selanjutnya
Harga Bawang Putih Naik Rp 5.000 Jelang Ramadan
Artikel Selanjutnya
Harga Cabai Merah Keriting Makin Anjlok