Sukses

Wujudkan Smart City, Pemkot Semarang Rangkul BNI dan Bank Jateng

Liputan6.com, Jakarta - Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Semarang dan mendukung pengembangan smart city, Pemerintah Kota (pemkot) Semarang menjalin kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Bank Pembangunan Daerah jawa Tengah (Bank Jateng) dengan menerbitkan kartu Semarang Hebat. Kartu ini bisa digunakan oleh warga Semarang sebagai kartu identitas sekaligus kartu untuk berbagai transaksi keuangan.

Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati menjelaskan, model kartu seperti Semarang Hebat ini baru pertama diluncurkan di Indonesia. Kartu ini merupakan kerja sama tahap awal, berupa Kartu Semarang Hebat Co Branding Prepaid Tapcash Bank Jateng dengan issuing BNI.

Untuk kedepan, kerja sama dapat juga dilakukan perluasaan dan sinergi channel bersama BNI - Bank Jateng untuk transaksi nasabah di ATM dan EDC, serta program collection layanan publik melalui channel bersama. "Kerja sama kartu Semarang Hebat ini juga sebagai bentuk dukungan aktif terhadap program Pemerintah dalam membentuk Cashless Society di Kota Semarang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (17/2/2017). 

Kartu Semarang Hebat ini merupakan kartu multifungsi yang bisa menjadi kartu debit, dapat digunakan sebagai alat transaksi di merchant-merchant. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai kartu ATM yang dapat digunakan di seluruh ATM BNI di Indonesia maupun luar negeri.

Kartu ini juga dapat digunakan sebagai alat transaksi pada sarana pemasaran online atau e-Commerce Semarang Creative Gallery menggunakan BNI debit online. Kartu tersebut juga dapat digunakan untuk sarana pembayaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pajak lainnya.

Di luar itu, kartu Semarang Hebat juga bisa digunakan untuk pembayaran sewa rumah susun, sebagai uang elektronik untuk pembayaran Bus Trans Semarang, pembayaran tol, parkir maupun pembayaran lainnya di merchant-merchant. "Kartu tersebut juga dapat dikembangkan sebagai Kartu Identitas, Kartu Absensi, hingga kartu perpustakaan," tambah Adi. 

Selain peluncuran kartu Semarang Hebat, BNI juga telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang dalam mengelola pajak hotel yang ke depannya akan ditambah dengan pajak hiburan dan pajak daerah lainnya. Dengan berbagai kemudahan tersebut, sinergi BNI dan Pemerintah kota Semarang ini akan memberikan banyak faedah bagi kedua belah pihak dan warga kota Semarang. (Gdn/Nrm)