Sukses

6 Alasan Investasi Properti Menguntungkan

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak sekali jenis investasi yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Antara lain investasi emas, reksa dana, obligasi, deposito, valuta asing dan properti.

Investasi properti merupakan investasi yang memiliki terdiri dari aset rumah, gedung, ruko dan lainnya. Investasi jenis ini dikatakan bisa mendatangkan keuntungan yang besar di kemudian hari tanpa perlu ada campur tangan dari pihak mana pun.

Bisnis properti bisa juga dijadikan sebagai pekerjaan sampingan bagi Anda yang memiliki penghasilan lebih. Anda tidak perlu mempekerjakan banyak orang untuk turut campur tangan dalam bisnis ini.

Nilai investasi properti akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Apa lagi saat ini kebutuhan masyarakat akan papan sudah meningkat pesat.

Dengan investasi properti, maka penanganan inflasi dan penyeimbangan portofolio dapat ditangani. Kedua aspek itu sangat penting. Keduanya dapat dilakukan dengan mengombinasikan aset. Oleh karena itu, banyak para investor melirik investasi properti.

Mengapa investasi properti? Ini alasannya, seperti dikutip dari laman www.cermati.com, seperti ditulis Jumat (17/2/2017):

1. Depresiasi

Setiap bangunan akan mengalami depresiasi atau penurunan nilai dari bangunan tersebut. Walaupun terjadi peningkatan nilai investasi properti, pemerintah mengizinkan para investor untuk langsung mengurangi pajak properti mereka selama masa hidupnya.

Dengan demikian, investor dapat memperhitungkan keuntungan yang diperoleh nantinya saat melakukan penjualan di masa yang akan datang.

1 dari 3 halaman

Harga properti naik

2. Harga properti naik setiap tahun

Perlu Anda ketahui kebutuhan masyarakat akan papan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal inilah yang terkadang menjadi hal yang harus dipikirkan pemerintah. Belum lagi peningkatan jumlah penduduk dalam satu negara yang membuat pemerintah harus bisa menyediakan rumah sebagai tempat tinggal.

Kalau tidak, mau tidur di mana penduduk tersebut? Meningkatnya permintaan masyarakat terhadap properti juga diikuti dengan semakin banyaknya penawaran yang diberikan oleh para developer.

Harga yang ditawarkan bervariasi dari tahun ke tahun. Jika Anda memiliki uang, tidak ada salahnya jika Anda membeli banyak properti. Toh properti tersebut nilainya tidak akan hilang bahkan makin bertambah dari tahun ke tahun.

Belilah properti saat para developer melakukan promosi karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Sehingga Anda bisa menjualnya di kemudian hari dengan harga yang tinggi dan akan mendatangkan banyak keuntungan.

3. Mengendalikan inflasi

Inflasi sering terjadi di negara maju maupun berkembang. Namun di negara berkembang, pemerintah justru berpikir sangat keras bagaimana harus mengendalikannya. Belum lagi harga pemukiman dan kebutuhan pokok yang terus meningkat dari tahun ke tahun mendorong peningkatan inflasi.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa memilih investasi properti atau real estate karena menunjukkan korelasi yang lebih tinggi daripada investasi jenis lainnya seperti saham, obligasi pemerintah dan obligasi perusahaan.

2 dari 3 halaman

Pelindung inflasi

4. Properti pelindung inflasi

Untuk menstimulasi pertumbuhan, pemerintah senantiasa mencetak uang dalam jumlah yang banyak. Memiliki investasi dalam properti dan real estate adalah langkah yang cerdas karena saat inflasi meningkat, harga dari properti juga akan meningkat secara bersamaan.

5. Arus Kas Bebas

Tidak masalah jika seseorang membeli properti Anda secara tunai atau dengan menggunakan pembiayaan dengan hipotek rendah. Toh nantinya Anda akan menerima uang yang akan mengalir setiap bulannya ke kantong Anda. Jika seseorang melakukan cicilan setiap bulan, maka Anda akan memperoleh penghasilan tambahan dari itu.

6. Keuntungan Pajak

Selain mengkalkulasikan penyusutan, banyak investor juga bisa mengklaim bagian untuk melakukan pembayaran bunga hipotek bulanan dengan alasan untuk mengurangi pajak yang nantinya akan dibayarkan.

Saat ini, sudah banyak sekali pengembang yang menawarkan penjualan properti. Anda bisa melihat iklan dari para developer ini di internet, media cetak, atau bahkan televisi. Investasi properti atau real estate memang sangat menguntungkan, karena tidak akan mengalami deflasi alias penurunan harga. Semakin lama Anda mempertahankan properti yang Anda miliki, maka akan semakin besar nantinya keuntungan yang Anda peroleh jika harus menjualnya.

Artikel Selanjutnya
Ini 6 Keuntungan Jika Anda Investasi dari Sekarang
Artikel Selanjutnya
Faktor Pemicu Harga Properti Selalu Naik