Sukses

1 Juta Barel Minyak dari Iran Bakal Masuk ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja memastikan, impor minyak mentah sebanyak 1 kargo atau 1 juta barel dari Iran akan masuk ke Indonesia pada minggu depan. Minyak tersebut akan melalui tes untuk kilang di Cilacap, Jawa Tengah.

"Akhir bulan ini masuk 1 kargo atau hampir 1 juta barel," kata Wiratmaja usai Rakor Persiapan Kunjungan ke Iran di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Dia menjelaskan, minyak mentah sebanyak 1 kargo dari Iran ini akan dites untuk kilang Balongan, Jawa Barat maupun kilang Cilacap.

"Dites dulu 1 kargo minyak karena minyaknya kan baru, jadi harus dicek dulu di kilang. Bagaimana performance-nya. Ini bisa untuk kilang Balongan dan Cilacap," ujar dia.

Jika hasil tes minyak tersebut bagus untuk kilang di Indonesia, Wiratmaja memastikan, Pertamina akan melanjutkan untuk impor selanjutnya. "Kita lihat dulu hasil ujicoba, kalau hasilnya bagus nanti dilanjutkan (impor)," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISC) PT Pertamina (Persero), Daniel S. Purba menambahkan, Pertamina akan melakukan ujicoba terhadap minyak impor dari Iran pada Maret 2017.

"Lusa kapalnya sampe 1 kargo, lalu kita tes dulu di Maret ini untuk kilang Cilacap. Apakah cocok secara teknis, dan kalau cocok, kita akan negosiasi secara komersial," ucap Daniel.