Sukses

Ini 5 Album dengan Biaya Rekaman Termahal

Tahukah Anda di balik pembuatan album terdapat banyak cerita yang bisa membuat album itu dirilis dengan biaya mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Album merupakan kumpulan beberapa musik yang dirilis oleh pembuat musik. Setiap penyanyi atau band terkenal pasti telah banyak merilis album demi meningkatkan popularitas atau pengakuan diri mereka.

Sebagian besar penikmat lagu tentu lebih tertarik langsung membeli album untuk melengkapi koleksinya. Namun, tahukah Anda di balik pembuatan album terdapat banyak cerita yang bisa membuat album tersebut dirilis dengan biaya fantastis?

Melansir dari goliath.com, seperti ditulis Sabtu (18/2/2017), berikut lima biaya rekaman album termahal:

5. Korn-Untouchables

Pada 2002, Korn merilis album mereka yang berjudul Untouchables. Album ini terjual sebanyak lima juta kopi. Album ini berada di posisi kedua setelah album The Eminem Show dari Eminem. Biaya rekaman album ini mencapai US$ 4 juta atau Rp 53,38 miliar(asumsi kurs Rp 13.345 per dolar Amerika Serikat).

Biaya rekaman mahal ini lantaran band tersebut harus berpindah tempat dari Phoenix ke LA, kemudian ke Kanada. Saat pindah tempat itu, mereka mesti menyewa properti untuk beberapa bulan. Padahal sebenarnya biaya rekamannya hanya "US$ 750 ribu". Namun, band tersebut juga membawa 15 kru untuk membantu pembuatan rekaman itu.

4. The Beach Boys-Smile

Salah satu album dari band legendaris ini dirilis pada 1967. Album ini direkam pada 1966 hingga 1967. Pada 2004, album ini dibuat ulang oleh Brian Wilson. Pihaknya membuat rekaman tersebut dengan sejumlah pergulatan dengan hukum dan teknik yang sulit. Biaya rekaman album ini mencapai US$ 555 ribu atau Rp 7,40 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Michael Jackson

3. Def Leppard-Hysteria

Album ini direkam selama 3 tahun lantaran drummer band Rick Allen mengalami kecelakaan pada perayaan tahun baru 1984. Kemudian setelah album ini rilis, terjual sebanyak 25 juta kopi. Biaya rekaman album tersebut mencapai US$ 4,5 juta atau Rp 60,08 miliar.

2. Guns N'Roses-Chinese Democracy

Band terkenal Guns N'Roses merilis album mereka pada 2008. Album ini memiliki banyak kisah dibalik pembuatannya. Pada 1994, album ini mulai direkam. Namun, beberapa tahun kemudian personil band ini mengundurkan diri. Hingga akhirnya baru pada 2000, rekaman album ini kembali dilanjutkan. Album yang rilis pada 2008 ini memakan biaya senilai US$ 13 juta atau Rp 173,49 miliar.

1. Michael Jackson-Invincible

Album ini berasal dari penyanyi pop legendaris, Michael Jackson. Album yang mengambil 16 dari 87 lagu favorit ini memiliki cerita dibalik pembuatannya. Pada 2001, Sony merilis album ini. Diperkirakan biayanya sekitar US$ 30 juta dengan menggandeng sejumlah produser dan penulis lagu untuk merekam 50-87 lagu dalam lima tahun.

Selain merilis, Sony pun mempromosikan album tersebut. Biaya promosi Sony mencapai US$ 25 juta atau Rp 332,62 miliar. Namun, Sony merugi karena Michael Jackson menolak promosi tur bersama Sony.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.