Sukses

4 Hal Penting Ini Harus Diketahui Pengguna Pertama Kartu Kredit

Bagi Anda yang baru memiliki kartu kredit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu metode pembayaran populer, tak salah apabila banyak masyarakat yang kini lebih memilih untuk melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan kartu kredit. Selain lebih praktis, banyak keuntungan tersendiri yang bisa didapat oleh para penggunanya.

Namun, bagi Anda yang baru memiliki kartu kredit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mengetahui hal ini dapat dengan mudah menjauhkan Anda dari kesalahan yang bisa merugikan Anda nantinya.

Seperti dilaporkan dari financialhighway.com, Minggu (19/2/2017) berikut tipsnya:

1. Mengerti aturan dan jenis biaya yang ada

Sebagai pengguna, Anda harus paham betul, apa saja hak dan kewajiban yang Anda dapatkan. Hal ini termasuk waktu tagihan, apa saja biaya yang dibebankan hingga tanggal jatuh tempo. Biasanya hal ini disesuaikan dengan bank penerbit kartu kredit.

2. Gunakan sesuai kebutuhan

Kartu kredit merupakan alat pembantu transaksi. Oleh karenanya jangan menggunakan kartu kredit tanpa perencanaan yang jelas. Alih-alih mendapat keuntungan, Anda justru hanya akan dibebani oleh tagihan yang membengkak.

3. Usahakan membayar penuh

Setiap tagihan datang, pastikan Anda membayar penuh. Mengapa? Bila Anda memilih membayar dalam jumlah minimal, Anda akan terkena biaya lebih mahal.

4. Pilih jenis kartu kredit sesuai kebutuhan

Banyak jenis kartu kredit yang ada di pasaran. Sebelum mendaftar sebagai pengguna kartu kredit sebaiknya Anda memilih jenis kartu yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Beberapa kartu kredit juga menerapkan limit yang biasanya disesuaikan dengan penghasilan Anda per bulannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini