Sukses

Alasan Mengapa Para Pria Gila Belanja

Tak cuma kaum perempuan yang hobi belanja tetapi juga para pria. Lalu apa yang membuat pria suka belanja?

Liputan6.com, Jakarta - Istilah shopaholic sering disematkan pada wanita yang gila belanja. Bagi wanita, belanja adalah ajang penghilang stres sekaligus sosialisasi.

Namun kaum adam rupanya juga tidak kalah gemar belanja. Lantas apa yang menyebabkan pria doyan belanja seperti wanita? Berikut deretan alasannya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Senin (20/2/2017):

1. Hobi

Pria yang punya hobi otomotif, olahraga, fotografi, atau hobi mengoleksi barang-barang, tidak akan terhindarkan dari kegiatan belanja. Hobi mendorong seseorang untuk selalu menambah koleksi.

Bagi penggiat hobi, semakin langka suatu barang memang harganya akan semakin mahal. Akan tetapi, inilah yang justru membuat pria makin tertantang untuk memilikinya. Ketika berhasil memilikinya, ada kepuasan diri tersendiri yang dirasakan pria. (Baca juga: 5 Film Hollywood yang Mempengaruhi Tren Berkendara Pecinta Otomotif)

2. Pergaulan

Sudah bukan rahasia lagi kalau pergaulan bisa mempengaruhi kebiasaan. Pria yang bergaul dengan kalangan menengah ke atas bisa lebih boros demi tuntutan pergaulan. Misalnya bagi teman-temannya, sekali ngopi-ngopi menghabiskan ratusan ribu terasa wajar. Padahal jika dibandingkan, gajinya hanya setengahnya dari teman-teman yang lain.

Belum lagi berbagai barang bermerek yang melekat di badan. Demi biasa diakui dalam pergaulan, akhirnya pria melengkapi diri dengan barang mahal. Jangan salah, sama halnya dengan gaun dan tas wanita, sepotong kemeja dan tas kulit asli untuk pria juga bisa berharga jutaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuntutan Profesi

3. Tipe metroseksual

Kalau yang ini lebih kepada keinginan diri untuk selalu tampil oke. Pria metroseksual biasanya tampil modis, rapi, dan bersih. Untuk menunjang penampilan ini, si metroseksual tentunya harus mengeluarkan kocek. Mulai dari membeli baju sampai ke salon untuk perawatan wajah dan tubuh. Tipe metroseksual ini juga selalu ingin tampil dengan barang bermerek.

4. Tuntutan profesi

Belanja bukan hanya soal keinginan, tapi juga kebutuhan. Terutama bagi pria yang harus berpenampilan selalu oke demi kemajuan karier. Misalnya mereka yang memiliki klien dari kalangan jetset, kesan pertama pastinya dilihat dari penampilan.

Semakin terlihat profesional dan berkelas, makin mudah pula mendapatkan kepercayaan klien. Demi bisa menampilkan kesan ekslusif, mau tidak mau pria harus belanja barang bermerek.

3 dari 3 halaman

Pengaruh Pasangan

5. Pengaruh pasangan

Ada juga pria yang senang belanja karena punya istri yang selalu minta dibelikan ini itu. Jadi barang-barang yang dibeli memang untuk pasangan. Namun lama-lama, karena sering belanja untuk orang lain, akhirnya berubah kebiasaan. (Baca juga: Sambil Gosip, Hal Produktif Ini Bisa Dilakukan “Mahmud” untuk Hasilkan Uang Tambahan)

6. Memang punya banyak uang

Pria doyan belanja mungkin karena dia memang punya banyak uang alias sudah mencapai kebebasan finansial. Orang seperti ini, butuh atau tidak butuh memang senang belanja untuk diri sendiri atau orang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini