Sukses

3 Cara Pangkas Pengeluaran Saat Belanja Makanan di Supermarket

Liputan6.com, Jakarta - Apakah setengah gaji Anda dianggarkan untuk makanan? Sebaiknya tidak perlu habiskan gaji hingga setengah gaji. Ada sejumlah langkah sederhana untuk memangkas biaya membeli bahan makanan.

Berdasarkan penulis buku Cut your Grocery Bill in Half with America's Cheapest Family Steve dan Annette Economides menuturkan, kalau pasangan yang baru menikah di Amerika Serikat (AS) dapat habiskan biaya sekitar US$ 350 per bulan untuk biaya makan. Biaya tersebut cukup untuk memberi makan tujuh orang.

Pasangan tersebut menuturkan, kalau biasanya mereka rencana dengan cermat dan mendapatkan bahan makanan untuk sebulan dan pergi ke dua toko. Kemudian habiskan empat jam belanja dalam sekali sebulan.

"Orang Amerika Serikat sudah lupa kalau mereka bisa merencanakan menu untuk makan malam sendiri, memangkas biaya untuk membeli bahan makanan, sehingga dapat memangkas tagihan belanja," ujar Annette seperti dikutip dari laman USA Today, seperti ditulis Selasa (21/2/2017).

Berikut tips untuk memangkas pengeluaran saat berbelanja di toko dan supermarket:

1. Rencanakan menu makanan

Bila Anda ingin memangkas pengeluaran untuk biaya makan, maka coba membuat perencanaan menu makanan. Langkah awalnya Anda dapat membuat rencana menu makanan selama seminggu. Bila berhasil kemudian secara bertahap untuk membuat rencana menu makanan.

Namun, bila tanpa membuat rencana sudah menjadi kebiasaan, sebaiknya Ada memikirkan strategi lain untuk memangkas biaya belanja makanan.

"Jika Anda menulis daftar belanja maka itu dapat membuat Anda secara tidak langsung untuk memikirkan apa saja untuk dibeli dan memastikan stok bahan makanan yang sudah habis atau belum," ujar Steve.

1 dari 2 halaman

Kurangi Kunjungan ke Supermarket

2. Perhatikan penawaran belanja

Anda tidak harus menggunakan kupon untuk mendapatkan harga rendah di supermarket. Anda dapat memperhatikan penawaran diskon dan barang hemat yang ada di supermarket. Meski demikian, Anda juga perlu cermati untuk melihat kadaluwarsa, dan menandai barang mana yang perlu dipakai dan dimakan dulu.

Menurut Economides, membeli barang dalam jumlah besar dengan harga diskon dapat membantu jaga stok. "Jadi nanti tinggal belanja untuk barang yang mudah rusak dan cepat kadaluarsa," tutur Steve.

3. Kurangi kunjungan ke supermarket

Jika Anda terbiasa mengunjungi supermarket beberapa kali dalam seminggu, Anda mungkin dapat menghabiskan lebih banyak uang dari yang dibutuhkan. Hal itu lantaran sikap Anda impulsif dalam berbelanja.

Steve menuturkan, banyak orang tidak sadar berapa lama mereka habiskan waktu di supermarket. Jadi bila Anda pergi beberapa kali ke supermarket sebaiknya terlebih dulu pangkas satu kali atau secara bertahap.

"Jadi jika Anda berencana untuk kunjungi supermarket dapat membuat Anda membeli dengan efisien dan beli barang diskon," kata dia.

Artikel Selanjutnya
5 Cara Cermat Hemat Uang Saat Belanja Makanan
Artikel Selanjutnya
5 Pengeluaran Tanpa Rencana yang Bikin Kantong Jebol