Sukses

4 Trik Jitu Menabung untuk Beli Rumah Walau Gaji Pas-pasan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang untuk bisa mengumpulkan uang demi membeli rumah walau penghasilan per bulan tak seberapa

Liputan6.com, Jakarta - Rumah dan tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi manusia. Sayangnya, keterbatasan lahan dan tingginya kebutuhan akan rumah membuat harga dari properti terus meningkat. Hal ini pun menyulitkan pekerja yang memiliki gaji pas-pasan untuk bisa mendapat rumah yang mereka inginkan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang untuk bisa mengumpulkan uang demi membeli rumah walau penghasilan per bulan tak seberapa. Disiplin dan mampu mengelola keuangan dengan baik menjadi kunci keberhasilan menabung.

Berikut ulasannya melansir Moneycrasher.com, Selasa (21/2/2017):

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Memilih antara kebutuhan dan keinginan bukanlah hal yang mudah. Walau memiliki pendapatan yang pas-pasan Anda juga pasti ingin memiliki rumah dengan berbagai fitur lengkapnya.

Namun, seseorang yang memiliki gaji terbatas tentunya akan memiliki kesulitan mendapatkan rumah yang didasari oleh keinginan. Oleh karena itu, sesuaikanlah kebutuhan dan keinginan anda dengan penghasilan yang didapat. Jika penghasilan anda terbatas, ada baiknya untuk memilih rumah yang sederhana.

2. Tentukan tipe rumah

Sebelum membeli rumah, Anda juga harus menentukan jenis rumah apa yang ingin Anda jadikan pilihan. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari.

Bagi Anda yang memiliki aktivitas pekerjaan padat, akan lebih baik untuk membeli rumah yang dekat dengan pusat kota. Namun apabila Anda ingin memiliki lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan anak maka bisa memilih rumah yang berada di komplek perumahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsultasi dengan agen

3. Konsultasi dengan agen properti dan bank

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan agen properti dan bank. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mendapat kemudahan seperti mengikuti program kredit kepemilikan rumah (KPR) yang ditawarkan dengan bunga pinjaman yang beragam serta DP yang berbeda antar bank.

Agen properti juga bisa membantu Anda untuk memilih rumah mana yang bisa dijadikan pilihan terbaik.

4. Atur keuangan dengan rinci tiap bulan

Ini merupakan kunci utama apabila Anda ingin sukses menabung. Setiap bulannya, jangan lupa untuk selalu mengatur keuangan dengan rinci. Catat semua pengeluaran dan buat anggaran keuangan yang lengkap sehingga bisa diikuti dengan maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini