Sukses

Intensitas Hujan Tinggi, Bagaimana Kondisi Listrik Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menyatakan pasokan listrik di Wilayah Jakarta masih normal meski curah hujan sangat tinggi dan mengakibatkan beberapa lokasi tergenang dan banjir.

Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Disjaya Aries Dwianto mengatakan, saat ini kondisi pasokan kelistrikan seluruh Jakarta masih dalam kondisi aman, belum ada yang mengalami pemadaman akibat gangguan pasokan.

"Kalau kondisi kelistrikan secara keseluruhan aman dan untuk pasokan listrik masih kondusif, belum ada yang di padamkan," kata Aries, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Menurut Aries, jika memang ada wilayah pemukiman yang terendam banjir, maka dengan terpaksa PLN memadamkan sementara ‎listriknya, hal ini untuk menjaga keselamatan masyarakat dari sengatan listrik.

"Namun untuk hunian yang memang sudah ketinggian airnya membahayakan listrik harus di padamkam, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," ungkap Aries.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya Dini Sulistyawati melanjutkan, PLN akan menormalkan listrik kembali apabila instalasi di sisi PLN maupun pelanggan sudah benar-benar kering dan siap. Di sisi PLN, gardu akan dibersihkan dan dilakukan revisi terlebih dahulu.

Di sisi pelanggan, Dini meminta untuk memastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering, jangan sampai air masih menempel, hal ini demi keamanan dan keselamatan pelanggan itu sendiri.

"Jadi setelah air surut tidak serta merta listrik akan menyala, perlu waktu untuk memastikan semua siap. Hal ini demi keamanan dan keselamatan pelanggan itu sendiri," tutup Dini.

Untuk diketahui, sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir pada pagi ini. Banjir menyebabkan ribuan rumah terendam hingga ketinggian mencapai 150 sentimeter.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan, berdasarkan 401 laporan mengenai banjir di Jakarta dan sekitarnya, dilaporkan ribuan rumah dan jalan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi 10 -150 sentimeter.

"Terdapat 54 titik banjir dan genangan yaitu di Jakarta Selatan ada 11 titik, Jakarta Timur 29 titik, dan Jakarta Utara ada 14 titik," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (20/2/2016). (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.