Sukses

Ada Trans Papua, Waktu Tempuh Sorong-Manokwari Cuma 16 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mengejar pembangunan Trans Papua, khususnya untuk Papua Barat. Salah satu dampak positif dari pembangunan jalan yang membentang sepanjang 3.259,45 kilometer adalah mempersingkat jarak tempuh masyarakat Papua

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional 17 Papua Barat, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR Yohanis Tulak pembangunan Trans Papua ini telah menunjukkan hasil. Ia pun mencontohkan, dengan waktu tempuh Sorong-Manokwari.

Jika kedua daerah tersebut ditempuh dengan tampa henti, maka waktu tempuh Sorong-Manokwari sekitar 16 jam. Waktu tersebut jika ditempuh dengan mobil. "Kalkulasi waktu tempuh normal tanpa berhenti dari Sorong ke sini (Manokwari) 16 jam," kata dia di Papua Barat seperti ditulis Selasa (21/2/2017).

Jika dibandingkan dengan 2016 lalu, untuk jarak yang sama memakan waktu sampai 18-19 jam. "Manokwari-Sorong kalau saya total kurang lebih 18-19 jam. Ada pengurangan waktu 2 jam," ujar dia.

Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan Jalan Bina Marga Saadarih Ginting berharap, waktu tempuh untuk dua wilayah bisa sampai 15 jam.

Memang, untuk menempuh waktu itu perlu adanya perbaikan seperti tingkat kemiringan di beberapa titik antara lain di Petik Bintang dan setelah Jembatan Sisu. "Kalau sekarang 18 jam. Kita coba akhir tahun 15 jam," ujar dia.

Untuk diketahui, Sorong-Manokwari merupakan segmen I Trans Papua Barat. Total panjang untuk segmen ini mencapai 594,91 km. Sementara segmen II melintas Manokwari-Wasior-Batas Provinsi Papua dengan panjang 475,81 km. Total panjang untuk Trans Papua Barat mencapai 1.070,62 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.