Sukses

6 Jurus Hemat Uang Saat Beli BBM

Menghemat uang saat membeli BBM bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi kondisi finansial Anda

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang adalah bahan bakar minyak (BBM). Tak ayal, kebutuhan untuk membeli BBM ini pun menggerus pendapatan yang diterima orang tiap bulannya.

Walau telah menjadi salah satu kebutuhan pokok, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang untuk menggunakan BBM. Seperti dilaporkan Moneycrasher.com, Rabu (22/2/2017), berikut ulasannya:

1. Perhatikan cara mengemudi

Cara mengemudi Anda mempengaruhi habisnya BBM kendaraan. Jika Anda berkendara dengan santai dan tidak kebut-kebutan maka BBM pun akan lebih awet. Dengan begini Anda bisa menghemat uang lebih banyak dalam membeli bahan bakar.

2. Isi dengan BBM yang berkualitas

Kualitas BBM yang dipakai juga mempengaruhi boros tidaknya kendaraan. Jika Anda terlalu sering menggunakan BBM berkualitas rendah, maka BBM tersebut pun akan cepat habis.

Sebaliknya, jika BBM yang digunakan merupakan BBM berkualitas baik maka kendaraan bisa lebih mengirit penggunaan bahan bakar.

3. Hindari menyalakan mobil dalam posisi berhenti di waktu yang lama

Jika Anda berhenti selama lebih dari satu menit, mematikan mesin akan menghemat bahan bakar kendaraan Anda. Selain itu untuk mobil baru hanya perlu dipanaskan selama beberapa detik saja sebelum pemakaian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isi BBM di pagi hari

4. Isi BBM di pagi hari

Semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Diyakini bahwa semakin dingin tanahnya maka semakin padat atau kental bahan bakarnya. Sementara jika temperatur mulai hangat atau bahkan panas, maka bahan bakarnya akan mengembang.

Jadi, disarankan untuk mengisi bahan bakar minyak saat hari masih pagi ketika temperatur tanah masih dingin sehingga bahan bakar tidak menguap.

5. Hindari mengisi BBM di tol

Apabila Anda berkendara jarak jauh, pastikan untuk mengisi tanki BBM secara penuh sebelum melakukan perjalanan. Biasanya, jika Anda harus mengisi tanki bahan bakar di tol maka harga yang ditawarkan menjadi lebih besar.

6. Isi BBM saat tangki masih setengah penuh

Disarankan untuk mengisi bahan bakar saat tangki masih setengah penuh. Hal ini dilakukan karena semakin banyak bahan bakar yang ada di dalam tangki maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tangki yang kosong. Dengan begini Anda bisa lebih berhemat karena BBM tersebut tidak cepat menguap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.