Sukses

Jalan Tol Solo-Ngawi Bisa Dilalui Saat Lebaran 2017

Liputan6.com, Jakarta - Penyelesaian pembangunan jalan tol Solo-Ngawi sepanjang 90,25 Km terus diakselerasi. Meski direncanakan baru beroperasi penuh paling lambat awal 2018, namun ruas tol ini ditargetkan sudah dapat fungsional dilalui pemudik pada Lebaran Juni 2017 ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono kemarin telah menyusuri ruas tol tersebut mulai dari Kartosuro hingga Ngawi. Pada beberapa titik, Menteri Basuki berhenti dan turun untuk melihat kualitas pekerjaan, mendengarkan penjelasan dari pelaksana proyek dan memberikan arahan terkait kendala yang dihadapi.

"Ini kunjungan saya yang kelima untuk mengecek progres pembangunan jalan tol Solo - Ngawi. Ditargetkan bisa dilalui pemudik dari Kartosuro-Ngawi untuk menghindari kemacetan di sekitar Kota Solo yang padat. Nanti bulan Mei 2017, akan kami cek lagi progresnya" kata Basuki dalam keterangannya, Selasa (21/2/2017).

Ditambahkannya, dengan turun ke lapangan, berbagai masalah yang dikemukakan dapat dicarikan solusinya yang tepat dan cepat, dengan tetap berpegang pada peraturan dan prosedur yang berlaku.

Seperti yang dilakukan Menteri Basuki menghubungi via telepon Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo untuk meminta izin agar konstruksi jalan tol tetap dapat dilakukan secara paralel dengan proses administrasi pembebasan lahan milik kedua lembaga Pemerintah tersebut.

Tol Solo-Ngawi merupakan jalan tol yang strategis sebagai bagian Tol Trans Jawa yang ditargetkan tersambung pada tahun 2018 mendatang. Oleh karenanya Pemerintah memberikan dukungan penuh, bukan hanya dalam pembebasan lahan tapi juga konstruksinya pada ruas Colomadu - Karanganyar sepanjang 20,9 Km. Pada ruas ini, progres pembebasan tanah pada jalan utama per 20 Februari 2017 sudah 100 persen dengan progres konstruksi 97,21 persen.

Sedangkan PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) bertanggung jawab untuk membangun ruas jalan tol mulai dari Karanganyar sampai Ngawi sepanjang 70,30 Km yang terbagi menjadi dua paket.

Paket 1 dari Karanganyar-Mantingan dengan panjang 35,15 Km dengan progres lahan 91,7% dan konstruksi 73 persen.

Sementara paket 2 Mantingan-Ngawi sepanjang 35,15 Km, progres lahannya saat ini sebesar 92,4% dan konstruksi 48,8 persen.

Pada paket 1, lahan yang belum bebas berada pada lokasi pembangunan 30 overpass yang akan dibangun. "Sementara untuk paket 2, konstruksi terkendala lahan yang belum bebas yang tersebar di beberapa titik," tambah Direktur Utama PT SNJ David Wijayanto. ‎ (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini