Sukses

Pesan Jokowi agar Produk RI Dikenal Saat Pameran di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk terus mempromosikan produk-produk lokal ke negara lain untuk meningkatkan pasar ekspor Indonesia. Salah satu caranya dengan mengikuti pameran di luar negeri.

Namun Jokowi mengingatkan, jika ikut pameran, Indonesia harus mencari area yang ‎strategis dan banyak dilewati oleh pengunjung. Menurut dia, dengan demikian produk Indonesia akan lebih dikenal karena dilihat lebih banyak pengunjung.

"Saya minta kalau pameran, cari (area) paling baik, bayar mahal tidak apa-apa. Tapi cari tempat yang strategis," ujar dia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/2/2017).‎

Jokowi menyatakan, jangan hanya ikut pameran, tetapi memajang produk-produk Indonesia yang lokasinya di belakang bahkan berdekatan dengan toilet. ‎Hal ini hanya membuat citra produk Indonesia menjadi buruk di mata pengunjung.

‎"Jangan cari tempat di dekat toilet atau di situ diskonnya banyak. Itu tidak menambah citra. Tidak menaikkan citra, tapi malah menurunkan kita. Brand kita menjadi langsung jatuh kalau sudah tempat pameran, enggak usah pameran," kata dia.

Dengan menempatkan produk-produk Indonesia di area yang strategis dan terdepan, kata Jokowi, diharapkan pengunjung pameran akan lebih perhatian dengan Indonesia dan berdampak pada citra produk Indonesia yang lebih baik.

"Kalau pameran, di tempat yang paling baik pilih yang paling baik, yang paling strategis sehingga brand value negara kita langsung meloncat naik," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • pameran