Sukses

Ini Tantangan Utama Pemerintah buat Kembangkan Ekonomi Maluku

Maluku merupakan salah satu provinsi kepulauan yang memiliki banyak tantangan yang khusus, salah satunya soal konektivitas.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus melakukan pemerataan pembangunan di wilayah timur Indonesia. Salah satunya di Provinsi Maluku.

Presiden Joko widodo (Jokowi) menyatakan, Maluku merupakan salah satu provinsi kepulauan yang memiliki banyak tantangan yang khusus, salah satunya soal konektivitas. Tantangan tersebut berbeda dibandingkan yang provinsi-provinsi yang lain, yang sebagian besar wilayahnya merupakan daratan.

"Tantangan utama yang pasti dihadapi adalah soal konektivitas, baik konektivitas yang menghubungkan antar wilayah dalam satu pulau maupun kolektivitas dari satu pulau ke pulau yang lainnya maupun konektivitas antar Maluku dengan provinsi lain di tanah air," ujar dia di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Menurut Jokowi, ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian pemerintah. Pertama, menyelesaikan masalah konektivitas dengan percepatan pembangunan infrastruktur. Mulai dari jalan, jembatan, pelabuhan sampai dengan bandara.

"Karena saya yakin dengan semakin tersambungnya bagi rakyat di Provinsi Maluku bukan hanya akan memudahkan mobilitas barang  dan orang tapi juga akan menurunkan biaya logistik dan juga akan  mampu menggerakkan perekonomian di seluruh daerah di Maluku secara lebih merata," dia menuturkan.

Kedua, kata Jokowi, sebagai provinsi kepulauan pemerintah ingin sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi.

Selama ini secara sektoral perekonomian di Maluku didukung sektor pertanian sektor perdagangan dan eceran. Artinya potensi di sektor kelautan dan perikanan perlu digarap lagi secara maksimal.

"Dan selama 2 tahun terakhir ini pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku berada pada rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional, diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional pertumbuhan ekonomi di Maluku. Dan secara struktur perekonomian Maluku masih di Lembang oleh pengeluaran konsumsi baik rumah tangga maupun pemerintah," jelas dia.

Selain itu, Jokowi juga menyoroti pembenahan dalam hal kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal di Maluku. Hal ini diharapkan bisa mendukung pengembangan sektor energi melalui pembangunan Blok Masela.

‎"Nantinya di sektor migas di Blok Masela dan sekitarnya harus diikuti dengan penyiapan sumber daya manusia atau SDM. Untuk itu saya minta untuk betul-betul disiapkan pendidikan pelatihan vokasional yang sesuai dengan arah pengembangan potensi daerah agar provinsi Maluku semakin banyak memiliki tenaga kerja yang terampil dan yang kompetitif," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi

  • maluku

Video Terkini