Sukses

Jokowi: RI Akan Masuki Era Emas di 2045

Indonesia masuk dalam tiga besar pertumbuhan ekonomi tertinggi setelah India dan Tiongkok di 2016.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia akan memasuki abad emas pada 2045. Hal tersebut lantaran Indonesia akan masuk dalam lima negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Jokowi mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia terhitung tinggi pada 2016 dibandingkan dengan negara-negara lain. Bahkan, Indonesia masuk dalam tiga besar pertumbuhan ekonomi tertinggi setelah India dan Tiongkok.

"Saya sampaikan cepat bahwa pada 2016, ekonomi kita dapat dikatakan sangat baik. Karena kalau dibandingkan dengan negara-negara besar, pertumbuhan ekonomi kita 5,02 persen, masuk dalam tiga besar yang terbaik. Kita hanya kalah dengan India, kalah dengan Tiongkok," ujar dia di SICC, Sentul, Jawa Barat, Rabu (22/2/2017).

Dia menyatakan, pada 2045 atau bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan, produk domestik bruto (PDB) Indonesia akan mencapai US$ 9,1 triliun. Angka tersebut meningkat 10 kali lipat dari PDB saat ini.

"PDB kita sekarang Rp 13 triliun. Nantinya pada 2045 perkiraan kita akan sampai pada US$ 9,1 triliun. Artinya 10 kali lipat dari yang kita punyai sekarang," kata dia.

Pada saat itu, ucap Jokowi, pendapatan per kapita penduduk Indonesia diperkirakan mencapai US$ 29 ribu. Namun dengan catatan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tetap terjaga di atas 5 persen.

"Indonesia kalau kita konsisten bekerja seperti sekarang ini, kita akan memasuki abad emas karena kita akan masuk dalam lima besar ekonomi terbesar dunia dengan pendapatan per kapita US$ 29 ribu, dengan catatan pertumbuhan ekonomi di atas 5," ucap dia. (Dny/Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

Video Terkini