Sukses

Walau Gaji Tak Besar, Ini 5 Hal yang Bisa Tetap Anda Syukuri

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal-hal yang walau tidak berbentuk materi yang bisa kita syukuri. Hal tersebut bisa berbentuk waktu luang, kesehatan, pengetahuan, dan lain-lain. Oh iya, jangan salah. Hal-hal ini, terkadang malah enggak dinikmati oleh mereka yang bergaji besar, lho!  Wah, kira-kira apa saja sih?

Untuk mengingatkanmu, inilah dia 5 hal yang bisa tetap mensyukuri walapun gajimu tak besar seperti dikutip dari Tunaiku:

Keleluasaan untuk berkumpul dengan keluarga

Harta yang paling berharga adalah keluarga! Karena gaji besar identik dengan tanggung jawab dan beban pekerjaan yang besar pula.

Sebagai konsekuensi, waktu luang untuk kehidupan keluarga menjadi sangat terbatas. Makanya, bersyukurlah untuk kamu yang memiliki harta dalam bentuk lain, kehangatan keluargamu.

Masih cukup buat hangout, walaupun enggak sering

Salah satu falsafah hidup orang Jawa yang akrab di telinga kita adalah istilah “mangan ora mangan, sing penting ngumpul”¸alias “makan tidak makan yang penting kumpul. Falsafah ini ada betulnya kan untukmu?

Yah, walaupun enggak bisa hangout di tempat fancy setiap minggunya, seenggaknya kamu berkecukupan untuk bertemu dan ngobrol dengan sahabat-sahabatmu.

Pengalaman dan pengetahuan yang melimpah

Besaran gaji terkadang enggak berbanding lurus dengan limpahan pengalaman dan pengetahuan. Kamu yang bekerja atau menjadi volunteer di organisasi nirlaba misalnya.

Pendapatanmu mungkin enggak mencapai dua digit, tapi, pengalaman berinteraksi dan turun tangan langsung ke lapangan, tentunya memberikanmu sesuatu yang enggak bisa ditukar dengan uang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koneksi yang kuat

Koneksi yang kuat

Jika Kamu dianugerahi kepribadian yang luwes dan sering berinteraksi dengan orang dari berbagai kalangan, wah, berbahagialah! Kekayaanmu  bertambah satu poin, yaitu, koneksi.

Dengan mengenal banyak orang, Kamu memiliki akses yang enggak semua orang punya. (Baca Juga: Berapa Sih Standar Gaji untuk Gaya Hidup Fancy? Yuk, Cermati Perkiraan Ini)

Misalnya, kalau Kamu punya kenalan yang biasa terlibat di konser-konser musik, siapa tahu Kamu jadi lebih cepat tahu informasi konser musisi kesayanganmu. Bisa juga akses dapat tiketnya lebih gampang!

Kamu jadi lebih mawas diri dan bijak mengatur keuangan

Ini nih, poin yang nyata terasa: karena gajimu yang enggak se-wah direktur, mau enggak mau kamu jadi pandai berhemat! Mulai dari mengulik tips-tips menabung untuk yang bergaji pas-pasan, mengenal berbagai produk perbankan, hingga belajar mengenai berbagai investasi kamu lakukan.

Dengan demikian, kamu menjadi bertanggung jawab untuk setiap rupiah yang kamu dapat dan keluarkan! Itulah dia 5 hal yang bisa tetap kamu syukuri walapun gajimu enggak besar.

Eits, bukan enggak ya! Mungkin hanya belum saja. Kalau kamu bekerja keras dan belajar menjadi sosok yang profesional, kesuksesan karier pasti menyusul, deh. Percayalah!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.