Sukses

Sering Pindah Kerja? Ini Ruginya Jadi Kutu Loncat

Tahukah Anda bahwa pindah-pindah kerja selain memberikan keuntungan, ada juga efek buruk bagi yang melakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cara ketika karyawan mulai tidak betah bekerja di kantor yang lama dengan alasan tertentu atau ingin meningkatkan karir dan kinerja mereka adalah dengan pindah kerja ke tempat lain.

Bahkan, resign atau mengundurkan diri dari tempat kerja semakin menjamur di kalangan pekerja muda atau generasi milenial. Dengan alasan untuk mendapat tantangan, pengalaman, teman, posisi baru, hingga gaji yang tinggi. Kini, fenomena resign bukan hal yang aneh lagi.

Bahkan, ketika seorang karyawan sudah diterima di tempat kerja yang baru, biasanya pegawai mendapatkan posisi yang lebih tinggi dan juga gaji yang jauh melebihi tempat kerja sebelumnya.

Fenomena yang lebih mengejutkan lagi di kalangan pekerja dari generasi milenial yaitu banyak diantara mereka yang hanya bisa bertahan di satu perusahaan hanya dalam hitungan bulan.

Namun, tahukah Anda bahwa pindah-pindah kerja selain memberikan keuntungan, ada juga efek buruk bagi yang melakukan. Naah, bagi Anda yang suka pindah-pindah kerja ketahuilah ini efek buruk yang akan terjadi kepada Anda!

Berikut ulasannya dikutip dari Karir.com:

Dianggap tidak loyal

Suka pindah-pindah kerja bisa jadi boomerang buat Anda. Bahkan, Anda bisa dicap “tidak loyal” oleh perusahaan baru yang melihat resume-mu.

Kenapa? Pada umumnya sebuah perusahaan akan melihat Anda adalah karyawan yang loyal atau tidak dari lama dan banyaknya riwayat kerja yang tercantum di-resume. Sehingga ketika Anda melamar pekerjan, perusahaan akan mempertimbangkan hal itu.

Kualitas resume yang buruk

Resume merupakan hal pertama yang dilihat oleh sebuah perusahaan. Lamanya Anda bekerja merupakan poin penting yang harus dipertimbangkan sebelum resign dari tempat kerja. Sudah berapa lama Anda bekerja ditempat yang sekarang dan sebelumnya?

Satu tahun? Dua tahun? Atau bahkan kurang dari setahun? Itu menjadi panduan penting sebelum Anda memutuskan pindah kerja. Sebab, perusahaan akan menanyakan kredibilitas Anda di tempat kerja yang selarang dan sebelumnya.

Pengalaman yang masih dangkal

Apa Anda termasuk ke dalam orang yang sering pindah-pindah kerja? Jika iya, sangat disayangkan sekali. Sebab, bisa saja Anda mendapatkan banyak pengalaman di tempat kerja baru bahkan Anda bisa menguasai beberapa keahlian serta keterampilan baru.

Tapi, keahlian dan keterampilan yang Anda dapati dalam waktu singkat itu tidak akan bertahan atau bahkan hanya mendapatkan basic dari keterampilan itu. Padahal untuk menguasai keterampilan di suatu bidang tertentu memerlukan waktu dan proses yang lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini