Sukses

3 Bisnis yang Bisa Dimulai Tanpa Modal Besar

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda saat ini sedang menganggur, mungkin ini saatnya untuk berpikir membuka usaha sendiri. Dengan berbisnis, terdapat beberapa keuntungan ketimbang menjadi seorang pegawai.

Berbisnis juga bisa dilakukan oleh mereka yang bosan bekerja di satu perusahaan karena gaji yang kurang memuaskan, atau karena situasi kantor dan lainnya.

Usai keinginan itu muncul, terkadang modal menjadi alasan seseorang mengurungkan niatnya untuk membuka usaha.

Tapi jangan putus asa dulu, ternyata terdapat beberapa usaha yang tak membutuhkan modal besar. Berikut ulasannya melansir laman Lifehack, Minggu (26/2/2017).

1. Menulis content web

Apakah Anda seorang mahasiswa yang suka menulis esai di sekolah, atau memiliki bakat di bidang bahasa inggris? atau Anda terbiasa menulis dan mengedit dokumen?.

Mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk menjadi seorang penulis konten web.

Dikenal sebagai penulis freelance, Anda tak perlu mengeluarkan biaya saat merintisnya. Anda hanya membutuhkan seperangkat komputer dengan koneksi internet kuat dan jaringan antara perusahaan dan platform lainnya untuk mendapatkan pekerjaan menulis.

Baiknya, sekali Anda mulai menerima pekerjaan tetap, selanjutnya pekerjaan akan terus mengalir karena Anda telah dikenal.

2. Jadi penjual langsung produk perusahaan

Mungkin Anda masih ingat produk Avon atau Tupperware. Kedua perusahaan ini memakai sistem penjualan langsung dan menawarkan pekerjaan ini bagi mereka yang berminat.

Bahkan, saat ini terdapat ratusan perusahaan yang menawarkan penjualan langsung produknya dan membuka peluang pekerjaan. Anda tak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk tersebut. Cukup dengan kemauan memasarkan saja. Mungkin ditambah dengan sarana transportasi, bisa mulai untuk menghasilkan uang.

3. Penitipan anak

Banyak ibu bekerja yang khawatir meninggalkan anak-anaknya di rumah. Hal ini sebenarnya bisa menjadi peluang bagi Anda. Dengan menawarkan layanan penitipan anak.

Anda dapat memulai usaha penitipan anak di rumah sendiri. Hal ini tentu tak memerlukan biaya yang banyak.

Namun Anda harus memastikan untuk mengetahui aturan saat ingin membuka usaha jasa penitipan anak agar bisnis Anda berjalan lancar.

 

Artikel Selanjutnya
Survei: Banyak Perusahaan RI Tak Siap Tanggulangi Risiko Bisnis
Artikel Selanjutnya
Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Mulai Usaha Sendiri