Sukses

Stasiun Dukuh Atas Jadi Titik Pertemuan Beragam Moda Transportasi

Liputan6.com, Jakarta PT MRT Jakarta terus menggenjot pembangunan proyek Mass Rapit Transit (‎MRT) fase pertama Lebak Bulus-Bundaran HI. Salah satunya, pembangunan stasiun.

Presiden Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, salah satu stasiun MRT yang diprediksi akan menampung banyak penumpang adalah Stasiun Dukuh Atas.

Stasiun ini akan menjadi lokasi transit bagi MRT, LRT, Transjakarta dan KAI Commuter Jabodetabek. "Sehingga konsep transportasi publik yang terintegrasi akan sangat dirasakan pengguna," ujar dia di kawasan Setiabudi, Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Selain itu, lanjut dia, kawasan Sudirman juga akan lebih ramah pejalan kaki dan penyandang difabel karena akses menuju pintu masuk MRT Jakarta memungkinkan pedestrian ‎dibuat lebih lebar dengan alternatif tangga, eskalator dan elevator.

"Sama seperti Stasiun Dukuh Atas, keseluruhan 13 stasiun MRT dilengkapi dengan fasilitas publik dan komersial," dia menuturkan.

Seperti diketahui, pada fase pertama jalur Lebak Bulus-Bundaran HI memiliki panjang 16 kilometer (km) dan akan melayani 173.400 penumpang setiap hari melalui 16 set kereta, yaitu 14 set kereta operasi dan 2 kereta cadangan.  Total jarak tempuh pada fase tersebut sebesar 30 menit dengan jarak antar kereta 5 menit sekali.

Sedangkan fase kedua yaitu Bundaran HI-Ancol Timur sepanjang 13,5 km rencananya akan mulai dibangun pada 2019 dan ditargetkan beroperasi pada 2021.

Untuk fase ketiga, yaitu Cikarang-Balaraja sepanjang 87 km‎ akan mulai dibangun pada 2020. Pembangunn fase ini diharapkan akan selesai pada 2024-2027.

MRT mulai dibangun pada 2013 dan membentang sepanjang kurang lebih 110 km dari utara-selatan dan barat-timur.‎ Keberadaan MRT diharapkan tidak hanya akan meningkatkan mobilitas masyarakat, tetapi juga memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara dan solusi dalam mengurai kemacetan.(Dny/Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

Video Terkini