Sukses

Merasa Bosan di Tempat Kerja? Coba Tips Ini

Berpikir untuk mencari pekerjaan baru, tapi tidak yakin tempat kerja yang baru juga lebih baik dari yang sekarang?

Liputan6.com, Jakarta - Merasa bosan atau stagnan dalam pekerjaan Anda saat ini? Berpikir untuk mencari pekerjaan baru, tapi tidak yakin tempat kerja yang baru juga lebih baik dari yang sekarang?

Jika sudah memikirkan tentang hal-hal itu, mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk merenungkan apa saja keberhasilan yang sudah Anda dapatkan dari tahun-tahun sebelumnya selama bekerja dan bagaimana perkembangan pekerjaan Anda di masa yang akan datang.

Pikirkan juga tentang apa yang sudah Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja karier Anda selama ini? Laman Nzherald menyebutkan, banyak faktor dari dampak kepuasan kerja, positif, dan perspektif proaktif sering menyebabkan peluang peningkatan untuk kepuasan dan pertumbuhan kerja secara profesional.

Dalam menentukan sejauh mana perspektif dalam bekerja dan seberapa besar peningkatan kinerja Anda selama ini, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri:

Di mana saya bisa berkontribusi?

Pada pandangan pertama ini mungkin tampak jelas. Anda dapat mendeskripsikan bagaimana sebenarnya pekerjaan Anda, apa saja tanggung jawab, persyaratan kerja dan fungsi kerja yang sudah Anda lakukan, bagaimana hubungan kerja Anda dengan pimpinan?

Apakah pernah berbagi  tugas dan posisi dengan rekan kerja yang lain? Jika Anda tidak tahu jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini, sebaiknya Anda bisa menanyakan atau berbicara dengan atasan Anda sebagai bagian dari proses evaluasi kinerja Anda selama ini di perusahaan.

Anda perlu sesekali memikirkan apa saja tanggungjawab pekerjaan yang sudah Anda selesaikan, terlepas dari penilaian kinerja. Pertimbangkan bagaimana faktor eksternal mungkin akan berdampak di pekerjaan Anda dengan cara yang sebelumnya yang tidak pernah ada.

Misalnya, perubahan kebutuhan pelanggan dan faktor ekonomi, demografi dan tren industri yang bisa menghasilkan kesempatan untuk membuat kontribusi positif pada perusahaan yang tidak ada sebelumnya.

Sementara untuk faktor internal seperti re-organisasi perusahaan atau perubahan dalam kepemimpinan juga dapat membantu membuka jalan untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda dari tugas dan pekerjaan Anda di masa lalu. Dialog yang berkelanjutan dengan atasan Anda dapat membantu memperbaiki ide-ide untuk berkontribusi yang lebih baik bagi perusahaan.

Apakah saya bisa bekerja maksimal, baik di dalam kantor maupun di lapangan?

Perspektif Anda akan sangat menentukan ini, apa yang harus Anda lakukan minimal dalam pekerjaan atau bisakah Anda secara konsisten menambah nilai proyek dan berinisiatif membuat program kerja?

Apakah itu tentang pekerjaan yang paling Anda sukai dan bagaimana Anda dapat berkontribusi untuk proyek baru atau berinisiatif mengajak bergabung kembali klien lama yang sudah tidak bekerjasama lagi. Ketika Anda mempertimbangkan perspektif Anda sendiri, maka Anda juga mempertimbangkan pandangan rekan kerja Anda.

Jangan berpikir tentang hambatan, tapi pikirkan bahwa Anda akan berhasil mengajak banyak klien di luar dan menguntungkan perusahaan, karena pikiran positif biasanya akan menghasilkan sesuatu yang positif juga.

Berdiskusilah dengan rekan kerja tentang keberhasilan dan hambatan apa saja yang mereka hadapi, karena dapat memberikan wawasan dan nilai tambah buat Anda.

Berinisiatiflah menawarkan bantuan atau keahlian yang Anda miliki untuk proyek yang sedang berjalan, karena ini cara lain untuk Anda bisa berkontribusi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi efektif



Di mana saya bisa berkolaborasi dengan lebih efektif?

Ada ungkapan yang mengatakan "Sendiri kita bisa melakukan sedikit pekerjaan, bersama-sama kita dapat melakukan begitu banyak pekerjaan." Kolaborasi mungkin salah satu cara terbaik untuk memperluas perspektif Anda dan berkontribusi untuk pekerjaan Anda dengan cara yang baru.

Hal sederhana seperti meminta tanggapan dari rekan kerja (terutama dari seseorang yang tidak begitu dekat dengan Anda), rekan atau orang-orang yang bisa dipercaya, atau menghubungi tim lain untuk mendapatkan ide-ide baru dan wawasan.

Perluas jaringan Anda dengan para vendor, mitra kerja dan pemangku kepentingan lainnya sehingga dapat memberikan kesempatan untuk Anda berkontribusi dengan cara yang baru.

Di mana saya bisa membangun dan berbagi pengetahuan saya?

Ketika Anda merenungkan pekerjaan yang sudah dilakukan di masa lalu, apakah ada kesenjangan pengetahuan atau area di mana meningkatkan pengetahuan  dapat membantu Anda menjadi lebih percaya diri dan melakukan pekerjaan Anda lebih efektif?

Apakah kurangnya pengetahuan menahan Anda? Banyak perusahaan menawarkan pelatihan secara gratis atau dengan biaya murah. pelatihan yang disponsori perusahaan sering dirancang khusus untuk karyawan dengan tambahan bonus. Banyak juga perusahaan menawarkan penuh atau penggantian biaya kuliah parsial untuk gelar sarjana, sertifikasi atau pelatihan lainnya.

Jika Anda cukup beruntung bekerja di sebuah perusahaan yang menawarkan manfaat ini, pastikan untuk mengambil keuntungan dari itu. Berpartisipasilah dalam pelatihan dan ini kesempatan memperluas jaringan dengan asosiasi profesional.

Anda juga dapat saling berbagi pengetahuan untuk memperluas perspektif orang lain dan dapat menciptakan peluang meningkatkan kerjasama dengan profesional lain di bidang Anda.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini